Pengakuan Tetangga Tiko Pemuda Rawat Ibu ODGJ 11 Tahun di Rumah Mewah

Keluarga Tiko sebelumnya berkecukupan

Jakarta, IDN Times - Tiko, pemuda 23 tahun ini tengah menjadi perhatian publik setelah kisah hidupnya viral di media sosial. Tiko merelakan masa depan dan kariernya demi merawat sang ibu, Eny Sukaesi, yang diduga mengalami gangguan kejiwaan di rumah mewah Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Sekretaris RT 06, Dwi Hadi Anantoro, mengungkapkan ekonomi keluarga Eny terpuruk sejak 2010. Akibatnya, sang Eny mengalami gangguan jiwa hingga kehidupan mereka bergantung dari tetangga, bahkan untuk makan dan listrik.

“Keluarga ini sebelumnya agak tertutup, karena kita sendiri dari pihak lingkungan sini, karena dia mempunyai mental ODGJ katakanlah depresi, jadi dia (Eny) suka ngamuk. Jadi kita sebatas hubungan dengan anaknya saja (Tiko), bantuan-bantuan dari warga, kelurahan semuanya melalui Tiko,” ungkap Dwi, dilansir Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Timur, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Siapa Ibu Eny dan Tiko, Tinggal di Rumah Mewah Tanpa Listrik dan Air

1. Eny tolak bantuan Dinas Sosial

Pengakuan Tetangga Tiko Pemuda Rawat Ibu ODGJ 11 Tahun di Rumah MewahRumah Eny di Jatinegara (instagram.com/undercover.id)

Pengurus RT/RW sempat menindaklanjuti masalah mereka dengan bersinergi dengan pihak kelurahan dan Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur. Namun, Eny yang mulai mengalami gangguan kejiwaan menolak bantuan.

"Akhirnya sang anak, Tiko, diberdayakan warga setempat sebagai penjaga keamanan komplek," ujar Dwi.

2. Keluarga Tiko sebelumnya berkecukupan

Pengakuan Tetangga Tiko Pemuda Rawat Ibu ODGJ 11 Tahun di Rumah MewahRumah Eny di Jatinegara (instagram.com/undercover.id)

Seorang warga Fadil Haryadi menuturkan sebelumnya keluarga Eny terbilang mapan, namun sejak ditinggal suaminya, listrik hingga air tidak mampu membayar. Para tetangga pun membantu mengaliri listrik sekadar untuk penerangan kamar.

“Sebelumnya memang keluarga yang harmonis, sejak ditinggal bapaknya, Tiko dan ibunya itu tinggal berdua sampai dia tidak sanggup bayar listrik, bayar PAM, gas, dan segala macam, awalnya kami selalu perhatian kepada tetangga sebelah, kadang-kadang Tiko ke rumah minta bantuan dan segala macam,” ujarnya.

Baca Juga: Kisah Tiko Rawat Ibu ODGJ 11 Tahun di Rumah Mewah Tanpa Listrik

3. Sudin Gulkarmat bersama warga dan relawan bantu membersihkan rumah Eny

Pengakuan Tetangga Tiko Pemuda Rawat Ibu ODGJ 11 Tahun di Rumah MewahRumah Eny di Jatinegara (instagram.com/undercover.id)

Tiko merawat Eny sejak berusia 12 tahun, atau sudah 11 tahun lamanya sampai sekarang ini. Tiko putus sekolah sejak kelas satu SMP. Dia kemudian meminta bantuan warga sekitar untuk bekerja menjadi operator warung internet (warnet).

Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Timur akhirnya membawa Eny ke Rumah Sakit Daerah (RSKD) Duren Sawit. Rumah Eny juga telah dibersihkan Sudin Gulkarmat bersama warga dan para relawan. Rumah mewah yang sebelumnya dipenuhi tanaman liar dan debu tebal, kini mulai terang dan bersih. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya