Comscore Tracker

Pesan Jokowi ke Menkes: Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Ditangani Cepat

Jangan sampai ada korban Kanjuruhan meninggal lagi

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan, pihaknya akan memberikan penanganan cepat terkait korban Tragedi Kanjuruhan yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Presiden minta, nomor satu, korban yang ada sekarang harus ditangani cepat kalau ga salah itu sisanya itu 26. Itu mesti ditangani yang masih ada di rumah sakit ya, kalau bisa jangan ada yang meninggal lah," ujar Menkes pada media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Komnas Perempuan dan Komnas HAM Koordinasi soal Tragedi Kanjuruhan

1. Jokowi meminta tragedi Kanjuruhan tidak terulang

Pesan Jokowi ke Menkes: Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Ditangani CepatKerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang usai pertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Berikutnya, lanjut Budi, Jokowi juga meminta agar peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan tidak terulang lagi.

"Ke depannya tolong dilakukan persiapan yang lebih baik, supaya jangan terulang lagi, ini kan agak international juga," imbuhnya.

2. Polri sampai TNI harus tahu standar internasional penyelenggaraan sepak bola

Pesan Jokowi ke Menkes: Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Ditangani CepatSuasana doa bersama dan tabur bunga untuk korban tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan bersama pemain dan warga pada Senin (3/10/2022). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Budi akan menggelar rapat bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dan pihak terkait untuk membicarakan mengenai standar internasional penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

"Standar-standar itu nanti akan kita pelajari bersama dengan Menpora, dan kita akan sosialisasikan ke seluruh stakeholder. Jadi yang tahu jangan hanya Menpora atau Kemenkes saja,tapi Polri harus tahu, TNI, organisasi olahraga, sampai ke daerah harus tahu bahwa standarnya tuh begini, protokolnya tuh begini, caranya begini, karena mungkin juga sebagian besar kan belum tahu," katanya.

"Saya terus terang jujur, saya baru lihat yang aturannya FIFA mengenai tata caranya mesti begitu, kan baru tahu juga. Nah itu harus diselesaikan sampai ke bawah," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Bentuk Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan

3. Presiden Jokowi perintahkan PSSI menghentikan sementara Liga 1

Pesan Jokowi ke Menkes: Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Ditangani CepatPresiden Joko “Jokowi” Widodo memberi arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Sebelumnya, ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka dalam peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1. Hal itu imbas tewasnya 129 orang atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/10/2022) malam.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (2/10/2022).

Jokowi memerintahkan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk segera melakukan evaluasi. "Khusus kepada Kapolri, saya minta investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," ucap dia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya