Polda Metro Jaya Terjunkan 3.454 Personel Kawal Demo Buruh Besok

Sebanyak 200 ribu buruh ikuti aksi May Day

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya akan menerjunkan 3.454 personel untuk mengawal aksi penyampaian pendapat dalam rangka hari peringatan buruh pada (1/5/2024) besok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan aksi buruh akan dilakukan di Stadion Madya Senayan hingga Patung Kuda, Jakarta Pusat.

“Ada 3.454 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI yang siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan hari buruh,” ujarnya pada wartawan, Selasa (30/4/2024).

1. Rekayasa lalu lintas dilakukan situasional

Polda Metro Jaya Terjunkan 3.454 Personel Kawal Demo Buruh BesokIlustrasi Dishub (Dok. Dishub DKI Jakarta)

Ade menerangkan untuk rekayasa lalu lintas akan akan dilakukan secara situasional oleh petugas di lapangan yang berada di sejumlah titik.

 "Nanti secara situasional dilakukan langkah-langkah kepolisian untuk menciptakan kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," paparnya.

Baca Juga: 5 Mei Hari Bidan Sedunia: Begini Sejarahnya

2. Penyampaian aksi dilakukan secara damai

Polda Metro Jaya Terjunkan 3.454 Personel Kawal Demo Buruh BesokRatusan anggota Partai Buruh melakukan unjuk rasa di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha untuk mengawal sidang judicial review UU Cipta Kerja di MK. (IDN Times/Amir Faisol)

Ade mengimbau agar penyampaian pendapat bisa dilakukan secara aman dan damai serta menghormati satu sama lainnya karena dilakukan di tempat umum.

"Kami siap melakukan pengamanan dan pengawalan dan masyarakat tidak perlu khawatir, akan dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup," imbuhnya.

3. Sebanyak 200 ribu buruh ikuti May Day

Polda Metro Jaya Terjunkan 3.454 Personel Kawal Demo Buruh BesokSejumlah massa buruh melakukan aksi May Day di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (1/5/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengklaim ratusan ribu buruh akan mengikuti aksi May Day 2024 yang diselenggarakan di sejumlah daerah.

"Sebanyak 200 ribu orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya," kata dia kepada IDN Times, Rabu (30/4/2024).

Said Iqbal menuturkan, aksi May Day 2024 di Jakarta akan dipusatkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, mulai pukul 09.30 hingga 12.30 WIB.

"Sebanyak 50 ribu peserta aksi di Istana akan bergerak ke Stadion Madya Senayan, merayakan May Day Fiesta," ujarnya.

Baca Juga: 4 Mei Hari Pemadam Kebakaran: Sejarah dan Cara Merayakan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya