Posko Relawan Anies Baswedan Sudah Terbentuk 8.324 di Dalam dan Luar Jawa 

Simpatisan Anies Baswedan diminta pasang banner di rumah

Jakarta, IDN Times - Inisiator Forum Komunikasi (Forkom) Relawan Anies, Tatak Ujiyati menyampaikan, saat ini telah terbentuk 8.324 posko yang tersebar di seluruh provinsi di Jawa dan beberapa provinsi di luar Jawa. 

Tatak menerangkan para pendukung Anies Baswedan yang tersebar di berbagai simpul relawan terus bergerak untuk memperkuat dukungan hingga ke seluruh pelosok tanah air.

Mulai dari pembentukan posko rakyat (Poskora), pendaftaran para saksi di Pilpres 2024, Kampung Anies, Go Anies, dan berbagai gerakan lainnya yang tergabung dalam simpul relawan.

Kampung Poskora diluncurkan oleh Jarnas Beraksi di Bogor, Jawa Barat dan akan dikembangkan di beberapa wilayah lain yang memungkinkan. 

"Simpul relawan yang tergabung dalam Jarnas Beraksi akan meluncurkan Kampung Poskora jika di satu kampung terdapat lebih dari 100 Poskora," ujar Tatak dalam siaran tertulis, Kamis (27/7/2023).

1. Relawan maupun simpatisan Anies Baswedan diminta memasang banner Poskora di rumah

Posko Relawan Anies Baswedan Sudah Terbentuk 8.324 di Dalam dan Luar Jawa Konpers Temu Kebangsaan Relawan Anies Baswedan (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Tatak menerangkan Poskora merupakan gerakan rakyat semesta untuk mendukung Anies. Pihaknya mengajak semua orang baik relawan maupun simpatisan Anies Baswedan untuk memasang banner Poskora di rumah mereka masing-masing. 

"Simpul-simpul relawan membuat kegiatan masing-masing untuk memperluas gerakan Poskora ini. Jarnas ABW misalnya punya gerakan 100 Poskora di satu kabupaten/kota," jelasnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Obral Janji di Hadapan Kades, Bakal Naikkan Dana Desa

2. Forkom Relawan Anies mengubah relawan dan simpatisan menjadi suara pasti atau fungsi elektoral

Posko Relawan Anies Baswedan Sudah Terbentuk 8.324 di Dalam dan Luar Jawa IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain Poskora, lanjutnya, Bakorsi merupakan program tahap kedua Forkom Relawan Anies yang bertujuan mengubah relawan dan simpatisan menjadi suara pasti atau fungsi elektoral.

"Jika partai politik memiliki mesin partai untuk menggerakkan suara sampai tingkat bawah, Anies Baswedan juga harus punya mesin untuk memperkuat dukungan. Itulah alasan kenapa kami berinisiasi membuat Bakorsi, tentunya dengan terus berkoordinasi dengan partai politik pengusung Anies Baswedan," tutur Tatak.

3. Tim 100 Bakorsi akan terbentuk dari tingkat nasional sampai tingkat desa

Posko Relawan Anies Baswedan Sudah Terbentuk 8.324 di Dalam dan Luar Jawa Relawan Anies Baswedan yang tergabung di dalam Go-Anies memakaikan jaket kuning ke Anies Baswedan. (Dokumentasi Relawan Anies)

Dia menambahkan, tim 100 Bakorsi sudah dikukuhkan di tingkat nasional dan di empat provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan. 

Menurutnya, tidak lama lagi akan ada pengukuhan Tim 100 Bakorsi di Provinsi Riau, DIY, dan di Cilacap, Jawa Tengah. Kemudian, pada awal Agustus 2023, akan ada pengukuhan Tim 100 Bakorsi di Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Banten.

"Demikian seterusnya sehingga Tim 100 Bakorsi akan terbentuk dari tingkat nasional sampai tingkat desa," katanya.

"Kami makin solid dan jumlahnya terus bertambah. Semoga para relawan ini bisa turut mengawasi proses pemilu dan pilpres agar berjalan jujur dan adil," imbuh Tatak.

Baca Juga: Pendukung Anies Gelar Forum Musyawarah Reboan Demi Aspirasi Publik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya