Pendukung Anies Gelar Forum Musyawarah Reboan Demi Aspirasi Publik

Musyawarah Reboan dinilai efektif menangkan pilpres

Jakarta, IDN Times - Organisasi pendukung bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI), menggelar Forum Musyawarah Reboan.

Pengurus Nasional SKI, Untoro Hariadi, mengklaim, forum itu dibuat untuk memecahkan berbagai masalah sosial.

Baca Juga: Isu Munaslub Golkar, KPU: Perubahan Pengurus Tak Pengaruhi Bacaleg

1. Musyawarah dinilai bisa pecahkan berbagai masalah

Pendukung Anies Gelar Forum Musyawarah Reboan Demi Aspirasi PublikForum Musyawarah Reboan (dok. Istimewa)

Menurut Untoro, sebagai masyarakat yang memiliki relasi komunal dan interaksi sosial erat, perlu mengedepankan musyawarah serta kolaborasi.

"Karena kita, masyarakat yang saling kolaborasi. Bersama-sama memecahkan masalah, berbagi gagasan dan aspirasi serta rencana-rencana bagi komunitas ke depan," kata Untoro dalam keterangannya, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga: Alasan Keamanan, Pilkada 2024 Layak Ditunda?

2. Musyawarah dinilai cocok dengan karakteristik masyarakat Indonesia

Pendukung Anies Gelar Forum Musyawarah Reboan Demi Aspirasi PublikIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Dia mengatakan, musyawarah dan kolaborasi itu diimplementasikan dengan forum bersama seperti Musyawarah Reboan yang cocok dengan karakteristik masyarakat. Dengan menggelar musyawarah mingguan rutin maka masyarakat memiliki ruang bersama untuk berbagi.

"Kami harus yakin, itu (musyawarah Reboan) adalah satu alat atau metode bagi masyarakat yang berwatak komunal untuk mencapai masa depannya. Itu pasti itu," kata Untoro.

3. Dinilai efektif menangkan Anies sebagai capres

Pendukung Anies Gelar Forum Musyawarah Reboan Demi Aspirasi PublikBakal capres Anies Baswedan ketika melakukan sosialisasi di Sumbawa Barat pada akhir Januari 2023. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

SKI menjaring berbagai lapisan masyarakat menyampaikan aspirasi, keluhan maupun persoalan lainnya. Musyawarah Reboan yang digelar pendukung Anies itu digelar setiap Rabu malam di tempatnya masing-masing. Untoro menilai, forum itu jadi salah satu cara efektif untuk memenangkan Anies sebagai capres di 2024.

"Dengan Musyawarah Reboan yang digelar setiap Rabu malam. Ini menjadi cara yang efektif untuk memastikan kemenangan pemilihan presiden. Jadi, semestinya karena ini merupakan ruang di tengah publik, keberadaannya itu anytime, anywhere. Tidak hanya menyangkut satu problem ini menjelang pilkada, pileg, pilpres, tetapi ini menjadi satu ruang yang bisa dimanfaatkan secara optimal," ujar Untoro.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya