PPDB DKI Jakarta Mulai Dibuka, Cek Kuota dan Link Pendaftarannya

Pelaksanaan PPDB dilakukan online

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta Tahun 2023 resmi dibuka untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pelaksanaan PPDB tahun 2023 ini sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 tahun 2021 tentang pelaksanaan penerimaan peserta didik baru pada jenjang TK SD SMP SMA maupun SMK.

"Pelaksanaan PPDB di 2023 ini kami lakukan secara online, jadi bisa dilakukan dari rumah masing-masing itu dimulai pada hari ini Senin 12 Juni 2023 dan nanti akan selesai pada 7 Juli 2023," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat di Jakarta Selatan, Senin (12/6/2023).

 

1. Calon Peserta Didik Baru bisa memilih SMA swasta secara gratis

PPDB DKI Jakarta Mulai Dibuka, Cek Kuota dan Link PendaftarannyaSiswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Syaefuloh mengatakan, PPDB Bersama dilaksanakan dalam rangka memberikan serta memperluas akses pendidikan karena terbatasnya jumlah kursi yang dimiliki oleh sekolah negeri.

PPDB Bersama adalah bagian dari PPDB Jakarta yang memungkinkan calon siswa SMA dan SMK memilih sekolah swasta dengan Jalur Afirmasi. Calon Peserta Didik Baru (CPDB) bisa memilih SMA swasta secara gratis dengan pembiayaan dari APBD DKI Jakarta.

"Nantinya, CPDB akan dibiayai satu kali uang pangkal dan biaya operasional (SPP) per semesternya dalam waktu tiga tahun sekolah," paparnya.

 

Baca Juga: Profil SMA Negeri 8 Jakarta, Sekolah Peringkat 1 di Ibu Kota

2. Kuota PPDB SD sampai SMA

PPDB DKI Jakarta Mulai Dibuka, Cek Kuota dan Link PendaftarannyaIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Syaefuloh menyebutkan, kuota PPDB siswa untuk jenjang SD disediakan sebanyak 92.716 kursi, SMP sebanyak 70.207 kursi, lalu SMA 27.932 kursi dan SMK 19.379 kursi.

Syaefuloh menyampaikan terdapat empat jalur seleksi yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi (akademik dan non akademik).

"Untuk jalur afirmasi, dikhususkan bagi anak asuh panti dan anak para tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan COVID-19 serta bagi anak penyandang disabilitas," imbuhnya.

3. Dinas DKI Jakarta upayakan pemerataan

PPDB DKI Jakarta Mulai Dibuka, Cek Kuota dan Link PendaftarannyaIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Dia menyampaikan, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta berupaya mewujudkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi seluruh peserta didik di Jakarta, salah satunya melalui PPDB Bersama. Bahkan, DKI Jakarta bisa menjadi best practice bagi provinsi lain terkait pelaksanaan PPDB Bersama tersebut.

“Mudah-mudahan bisa jadi role model. Sebagaimana Permendikbud, konsepnya saat ini tidak ada lagi sekolah unggulan. Kita ingin kualitas sekolah negeri maupun swasta di Jakarta semua sama memberikan layanan terbaik bagi siswa,” kata Syaefuloh.

Informasi mengenai PPDB 2023 DKI Jakarta dan proses pendaftarannya dapat diakses melalui laman ppdb.jakarta.go.id. Informasi lanjutan soal PPDB 2023 DKI Jakarta juga bisa didapatkan masyarakat melalui akun Instagram @officialppdbdki.

Baca Juga: Profil SMA Kolese Kanisius, Sekolah Terbaik di Jakarta Pusat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya