Pulang, WNI Tinggalkan Natuna dengan Penuh Haru

Menkes Terawan minta mereka terus menjaga kesehatan

Jakarta, IDN Times - Suasana haru menyelimuti upacara pelepasan warga negara Indonesia (WNI) di hanggar di Pangkalan Udara Raden Sadjad, Natuna. Selama dua pekan mereka dikarantina di sana setelah sampai dari Wuhan, Tiongkok yang dilanda wabah virus corona baru, COVID-19. Hari ini, Sabtu (15/2), mereka kembali ke daerah masing-masing.

"Dengan keceriaan dan kebahagiaan ini mereka dalam kondisi sehat. Karena sejak kemarin pagi dan tadi dibuktikan tenaga medis bahwa mereka semuanya 243 terdiri dari 79 pria dan 176 wanita, 3 anak dalam keadaan sehat wal afiat," kata kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Yugo Margono di lansir dari Antara, Sabtu (15/2).

Beberapa WNI tampak meneteskan air mata ketika berbaris rapi mendengar sambutan sambil membawa bendera merah putih.

1. Siswa Indonesia tetap bisa melanjutkan studinya

Pulang, WNI Tinggalkan Natuna dengan Penuh HaruPetugas medis mengarahkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang telah disemprot cairan disinfektan setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2). ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan siswa Indonesia tetap bisa melanjutkan studinya, baik kembali ke Tiongkok nantinya atau melanjutkan di dalam negeri.

"Kelanjutan studi akan kita bicarakan lebih lanjut setelah ini selesai. Yang penting mereka sudah kembali ke Indonesia. Biar tenang dulu, bersosialisasi dulu. Kemudian baru kita hitung, terutama para mahasiswa, apakah akan kembali ke tempat studi mereka sampai menunggu wabah ini berakhir," kata Menko PMK

Baca Juga: Selain Uang Saku, BNPB Juga Berikan Tiket Pesawat ke WNI dari Natuna

2. Menkes Terawan pastikan WNI bebas COVID-19

Pulang, WNI Tinggalkan Natuna dengan Penuh HaruSejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan Tiongkok di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan kondisi WNI yang berada dalam observasi di Natuna dinyatakan sehat tanpa adanya gejala-gejala COVID-19. Kemenkes sendiri sudah mengeluarkan surat keterangan bebas COVID-19 untuk dibawa para WNI yang pulang ke daerahnya masing-masing.

3. Pesan Terawan: Jangan lupa minum jamu

Pulang, WNI Tinggalkan Natuna dengan Penuh HaruMenteri Kesehatan Terawan di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 11 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menkes Terawan berpesan agar mereka menjaga kesehatan. "Terus olahraganya, yang ringan-ringan saja yang penting bisa tetap bergerak. Makan yang gizi cukup supaya tetap sehat. Jangan lupa minum jamu," ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Sambut WNI dari Natuna, Keluarga Tak Kenakan Masker

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya