Pulau Reklamasi hingga Senayan Jadi Alternatif Sirkuit Formula E

Pemprov DKI buka opsi sirkuit Formula E di lima lokasi

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan penyelenggaraan Formula E tidak jadi dilaksanakan di Monas. Ia mengaku belum ditentukan secara pasti lokasi balapan mobil listrik tersebut.

Akan tetapi, Riza menyebut ada beberapa lokasi yang menjadi alternatif sirkuit Formula E. Di antaranya Senayan hingga Pulau Reklamasi.

"Ada lima alternatif nanti akan dicek lokasinya. Macam-macam (opsi) di antaranya di Senayan, kemudian di Pantai Maju Bersama dan lain-lain, nanti dipilih yang terbaik," ujar Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (6/10/2021) malam.

1. Jakpro tegaskan Formula E tidak digelar di Monas

Pulau Reklamasi hingga Senayan Jadi Alternatif Sirkuit Formula ESuasana Pulau G yang berganti nama menjadi Pantai Maju (IDN Times/Vanny El Rahman)

Sebelumnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta Propertindo menegaskan sirkuit Formula E tidak di Monas. JakPro telah menyiapkan lima lokasi alternatif untuk Formula E pada 2022.

"Venue yang jelas bukan di Monas, itu saja clue-nya," kata Direktur Pengembangan Bisnis JakPro Gunung Kartiko dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Pemprov DKI Jelaskan Alasan Merilis Klarifikasi soal Formula E

2. Monas terkendala perizinan dari pemerintah pusat

Pulau Reklamasi hingga Senayan Jadi Alternatif Sirkuit Formula EProyek Revitalisasi Monas (IDN Times/Lia Hutasoit)

Gunung menjelaskan pemilihan lokasi alternatif tersebut dikarenakan rencana penyelenggaraan di Monas terkendala perizinan dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, JakPro memutuskan mencari lokasi lainnya yang tetap menunjukkan ikon Jakarta.

"Banyak, ada lima alternatif. Karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinan. Jadi, kita cari lokasi ikon Jakarta yang memang menunjukkan Jakarta," ucapnya.

3. Lokasi alternatif Formula E akan disurvei

Pulau Reklamasi hingga Senayan Jadi Alternatif Sirkuit Formula Eformula1.com

Namun demikian, Gunung enggan menyebutkan lima lokasi alternatif itu karena nantinya akan disurvei terlebih dahulu oleh Formula E Operation (FEO) sebelum ditetapkan sebagai lokasi sirkuit.

"Nantinya itu FEO akan datang untuk survei, mapping semua. Baru akan ditentukan yang bagus, (misal) alternatif satu atau dua," ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Minta Anies Tak Kaburkan Fakta soal Isu APBD buat Formula E

Topik:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya