Qoriah yang Disawer Saat Ngaji Buka Suara, Nadia: Saya Sangat Marah

Peristiwa sawer sudah terjadi tiga kali

Jakarta, IDN Times - Qoriah Hj Nadia Hawasyi buka suara setelah video yang berisi jemaah lelaki menyawer dirinya, saat melantunkan ayat suci Al-Quran viral di media sosial.

Nadia mengaku sangat marah dan kecewa. Namun, kemarahan itu tidak langsung diungkapkan mengingat posisinya tengah membaca Al-Qur'an, sehingga harus tetap menjaga adab membaca Al-Qur'an.

"Sebetulnya bisa aja saya langsung marah pada saat itu, tapi saya kan menjaga adab lagi ngaji, masa ujug-ujug saya negor panitia, gak enak juga, pasti ribut," kata Nadia dikutip laman resmi NU, Jumat (6/1/2022).

Baca Juga: Viral Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran, Warganet Kecam Penyawer

1. Nadia tegur langsung panitia usai selesaikan bacaanya

Qoriah yang Disawer Saat Ngaji Buka Suara, Nadia: Saya Sangat MarahVideo ustadzah disawer viral/@warganetinfo

Nadia tidak suka saat panitia tersebut menyawer, namun saat itu ia memilih menuntaskan bacaannya terlebih dahulu, dan mendatangi panitia untuk mengingatkan.

"Saya gak langsung marah dan negur panitianya, saya tunggu beres ngaji dulu. Saya shodaqallah langsung turun panggung dan saya tegur panitianya. Saya merasa direndahkan sekali, diperlakukan tidak sopan oleh para panitia," kata perempuan asal Banten itu.

2. Warganet banyak yang sudutkan Nadia

Qoriah yang Disawer Saat Ngaji Buka Suara, Nadia: Saya Sangat MarahFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Ita Malau)

Nadia juga menyayangkan sikap beberapa warganet yang justru menyudutkan dirinya. 

"Cuma netizen ini belum banyak yang faham saya yang selalu dihujat," ungkap dia.

3. Peristiwa serupa ternyata sudah kali ketiga

Qoriah yang Disawer Saat Ngaji Buka Suara, Nadia: Saya Sangat MarahIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Shemi)

Peristiwa serupa ternyata sudah kali ketiga dialami Nadia dalam Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).

"Itu memang sudah keterlaluan, tidak ada adabnya. Saya pun sangat merasa terganggu, tapi saya gak bisa langsung negur pada saat itu juga, karena pada saat saya disawer masih ngaji, belum beres," jelasnya.

"Jadi, setelah saya selesai ngaji terus saya turun baru saya langsung tegur dan marah sama panitianya semua, bahwa saya merasa direndahkan dengan perilaku panitia yang nyawer saya tadi. Cuma sayangnya tidak ada yang memvideokan pas saya sedang tegur itu," imbuh Nadia.

Baca Juga: Uang Korupsi Masker Dipakai Bangun Rumah Mewah Hingga Sawer

4. Kegiatan sawer hal yang lumrah bagi masyarakat Banten

Qoriah yang Disawer Saat Ngaji Buka Suara, Nadia: Saya Sangat Marahilustrasi memberikan uang (IDN TImes/Reza Iqbal)

Nadia mengungkapkan, kebiasaan nyawer juga terjadi pada qari dan qariah yang lain. Hanya saja, videonya tidak beredar viral seperti yang terjadi pada Nandia.

"Sebetulnya hal seperti ini bukan hanya terjadi sama saya, tapi banyak qari/qariah lain yang pernah lagi ngaji disawer seperti itu, apalagi di daerah Banten menurut saya sudah jadi hal yang lumrah bagi masyarakat Banten sawer qari, tapi mungkin tidak diviralkan videonya seperti video saya," terangnya. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya