Rencana Status Endemik, Epidemiolog: Dipaksakan Jadi Politikdemik

Hanya WHO yang berhak mencabut status pandemik suatu negara

Jakarta, IDN Times - Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, menilai rencana pemerintah Indonesia bersiap melakukan transisi dari pandemik COVID-19 ke endemik terlalu dipaksakan. Ia menegaskan yang berhak menetapkan atau mencabut status masa pandemik COVID-19 adalah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Apabila Indonesia atau suatu negara mengubah status menjadi endemik hanya berlaku pada negara tersebut, namun tidak diakui secara Internasional.

"Jadi mau bagaimanapun itu lebih pada ke politik dan ekonomi, sosial bukan kesehatan, jadi jika dipaksakan jadi 'Polidemik' atau politik demik, bukan endemik, kita masih status pandemik," ujar Dicky saat dihubungi IDN Times, Rabu (2/3/2022).

1. Harusnya ke arah pengendalian kasus, bukan endemik

Rencana Status Endemik, Epidemiolog: Dipaksakan Jadi PolitikdemikEpidemiolog Griffith University, Dicky Budiman (dok. Dicky Budiman)

Dicky menegaskan saat WHO mencabut status pandemik suatu negara tidak serta merta berstatus endemik, namun ada masa transisi. Menurutnya, saat itu dunia terbagi menjadi tiga kategori wilayah berdasarkan level penyakit yakni epidemik, endemik dan sporadis.

"Harusnya ke arah sporadis atau pengendalian kasus bukan endemik, itu yang harus kita tuju. Artinya, wabah yang sudah mencapai level sporadis tidak akan terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan. Semaksimal mungkin beberapa bulan tidak ada kasus, itu yang namanya program pengendalian penyakit menular,” ujar Dicky yang juga praktisi dan peneliti Global Health Security.

Baca Juga: KSP: Pemerintah Tak Buru-buru Tetapkan Status Pandemik Jadi Endemik

2. Menkes akan ubah status pandemik jadi endemik

Rencana Status Endemik, Epidemiolog: Dipaksakan Jadi PolitikdemikMenkes Budi Gunadi Sadikin saat memberikan penjelasan terkait Layanan Telemedicine untuk Pasien Isolasi Mandiri. (youtube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah memberikan arahan untuk mengubah status pandemik COVID-19 menjadi endemik. Ia mengaku pihaknya tengah menyusun strategi untuk mengubah status tersebut.

"Kami mendapatkan arahan dari Bapak Presiden tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemik menjadi endemik, kami sudah siapkan protokolnya," kata Budi dalam konferensi pers daring di Jakarta, dikutip dari ANTARA, Selasa (1/3/2022).

3. Diminta diterapkan hati-hati dengan pertimbangkan berbagai aspek

Rencana Status Endemik, Epidemiolog: Dipaksakan Jadi PolitikdemikPetugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 dosis ketiga yang akan disuntikkan kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Booster. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Budi mengungkapkan, Presiden Jokowi meminta agar keputusan tersebut dibuat secara matang dan diterapkan hati-hati. Kebijakan juga diminta mempertimbangkan berbagai aspek, baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi.

"Arahan Bapak Presiden agar diterapkan dengan hati-hati dan agar pertimbangan saintifik-nya, pertimbangan kesehatannya digunakan secara berimbang dengan pertimbangan sosial, budaya maupun ekonomi," katanya.

Baca Juga: Kemenkes: Kita Jangan Bicara Fase Masuk Endemik COVID-19 Dulu

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya