Risma: Disabilitas Bisa Wirausaha Mandiri

Kewirausahaan disabilitas melalui sistem pendidikan

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengatakan, pendidikan kewirausahaan di sekolah bagi siswa penyandang disabilitas  berperan penting dan menjadi mekanisme paling efektif untuk meningkatkan perekonomian suatu negara. 

"Pengembangan keterampilan kewirausahaan tidak hanya mendorong inovasi dan produktivitas tetapi juga membantu menciptakan lapangan kerja, bukan sekadar mencari lapangan kerja," ujar Risma dalam The ASEAN High Level Forum (AHLF) on Enabling Disability-Inclusive Development and Partnership beyond 2025 di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Buka Forum AHLF 2023, Risma: Hapus Stigma dan Diskriminasi Disabilitas

1. Keterampilan bagi siswa disabilitas melalui pendidikan

Risma: Disabilitas Bisa Wirausaha MandiriMenteri Tri Rismaharini dalam Forum Tingkat Tinggi ASEAN untuk Disabilitas di Makassar, Selasa (10/10/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Risma menerangkan, keterampilan kewirausahaan bagi siswa penyandang disabilitas melalui sistem pendidikan sebagai upaya memajukan pendidikan kewirausahaan.

"Tujuan kami adalah membekali mereka dengan keterampilan yang akan berkontribusi pada perekonomian bangsa," katanya.

2. Kemensos gelar berbagai pelatihan untuk disabilitas

Risma: Disabilitas Bisa Wirausaha MandiriForum Tingkat Tinggi ASEAN untuk Disabilitas di Makassar, Selasa (10/10/2023). (dok. Kemensos)

Risma mencontohkan, Sentra Wijaya yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial di Makassar, menggelar program pelatihan kewirausahaan untuk berbagai segmen penyandang disabilitas. 

"Program ini telah membuahkan hasil luar biasa dalam berbagai aspek, antara lain seni, alat bantu, dan perekonomian," katanya.

3. Disabilitas bisa menjadi wirausaha mandiri

Risma: Disabilitas Bisa Wirausaha MandiriForum Tingkat Tinggi ASEAN untuk Disabilitas di Makassar, Selasa (10/10/2023). (dok. Kemensos)

Risma menambahkan, Kementerian Sosial berperan penting dalam meningkatkan kesempatan pelatihan bagi penyandang disabilitas, dengan tujuan mendorong mereka menjadi wirausaha mandiri. 

"Penting untuk dicatat bahwa tujuan kewirausahaan tidak hanya sekedar pengentasan kemiskinan, melainkan menciptakan lapangan kerja dan memberikan perlindungan sosial yang lebih baik bagi penyandang disabilitas," imbuhnya.

4. Kemensos kucurkan bantuan keuangan

Risma: Disabilitas Bisa Wirausaha MandiriForum Tingkat Tinggi ASEAN untuk Disabilitas di Makassar, Selasa (10/10/20230). (IDN Times/ Dini Suciatiningrum)

Risma mengatakan, program kewirausahaan yang diikuti oleh penyandang disabilitas merupakan bagian penting dari upaya untuk mewujudkan pemenuhan diri mereka. 

"Untuk memfasilitasi program kewirausahaan ini, bantuan keuangan diberikan kepada penyandang disabilitas, yang beberapa di antaranya mungkin memiliki mobilitas terbatas," imbuhnya.

Baca Juga: Makassar Tuan Rumah Forum ASEAN untuk Penyandang Disabilitas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya