Saldo Bansos 300 Warga Nunukan Nol Setahun, Risma Segera Telusuri 

Kemensos akan salurkan bantuan melalui PT Pos

Kalimantan Utara, IDN Times - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mengunjungi korban banjir Desa Atap, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, yang merupakan perbatasan Indonesia-Malaysia, Minggu (09/01/2022) sore.

Risma mengakui akses ke lokasi desa tersebut sangat sulit dijangkau, beruntung dia diberikan fasilitas oleh Anggota DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus, sehingga bisa membawa bantuan dari Kementerian Sosial.

"Akses ke sini (Nunukan) agak susah, namun kebetulan Pak Deddy fasilitasi, makanya saya sampai di sini, silakan ada yang ingin disampaikan?" ujar Risma membuka sesi dialog pada warga setempat.

Baca Juga: Warga Perbatasan Curhat ke Mensos Risma Tak Pernah Minum Air Bersih

1. Warga laporkan 300 warga belum terima bansos

Saldo Bansos 300 Warga Nunukan Nol Setahun, Risma Segera Telusuri Penyaluran bansos di Nunukan, Kalimantan Utara/IDN Times Dini suciatiningrum

Momen tersebut menjadi kesempatan Kepala Desa Atap, Samsul, untuk melaporkan banyak bantuan sosial (bansos) dari Kemensos yang sudah tersalurkan.

Namun, kata dia, tidak sedikit yang mengalami kendala dalam pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Terhitung sejak Januari-Desember 2021 masih banyak warga yang belum menerima bansos tersebut.

"Masih kurang lebih 300-an jiwa yang tercatat dengan saldo nihil, sehingga tiap bulan mereka ngecek di link saldonya kosong," curhat Samsul di depan Risma.

2. Bantuan belum tersalurkan karena belum terima kartu

Saldo Bansos 300 Warga Nunukan Nol Setahun, Risma Segera Telusuri Banjir Desa Atap, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang merupakan perbatasan RI-Malaysia, Minggu

Selain itu, Samsul mengatakan, banyak bantuan yang belum terserap karena sampai sekarang para Keluarga Penerima Manfaat belum menerima kartu.

"Sampai sudah uzur belum nongol-nongol kartu BPNT, PKH, dan sebagainya," kata dia.

Baca Juga: Risma Beri Bantuan Rp1 M untuk Korban Banjir di Perbatasan RI-Malaysia

3. Bansos akan disalurkan melalui PT Pos

Saldo Bansos 300 Warga Nunukan Nol Setahun, Risma Segera Telusuri Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mengunjungi korban banjir Desa Atap, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang merupakan perbatasan RI-Malaysia, Minggu (09/01/2022) sore. (dok. Humas Kemensos)

Menanggapi laporan tersebut, Risma menyatakan akan segera mengecek laporan Samsul. "Oke, kita akan cek 400 meter dari sini (tenda tempat penyerahan bantuan) ada penyaluran bansos, kita cek apa yang jadi masalah," ujar dia.

Selain itu, Risma mengakui akses ke Desa Atap sulit, sehingga dia meminta Deddy agar bank bisa masuk dalam desa ini. Ke depan, Risma akan menyalurkan bantuan melalui kantor Pos.

"Kami juga sudah ada policy-nya, saya lihat tadi ada PT Pos ke depan gak akan lewat bank, saya akan usulkan lewat PT Pos saja," ujar Mensos.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya