Sebanyak 121 Gedung Swasta dan Pemerintah di Jakarta Pasang Water Mist

Pemprov klaim water mist turunkan polutan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus memperluas pemasangan water mist generator atau alat penyemprot air dari atap gedung, sebagai upaya mengusir polusi udara di ibu kota.

"Hingga 6 Oktober 2023, jumlah water mist yang terpasang sebanyak 135 unit di 121 gedung, baik gedung pemerintah maupun swasta. Saat ini, ada 32 unit water mist sedang berproses dan segera dioperasikan," kata Juru Bicara Satgas PPU DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, di balai kota, Jumat (6/10/2023).

1. Penyebaran water mist di sejumlah gedung

Sebanyak 121 Gedung Swasta dan Pemerintah di Jakarta Pasang Water MistPengoperasian water mist generator di atap gedung balai kota DKI Jakarta l, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ani menerangkan bahwa 135 unit water mist tersebut tersebar di kawasan Jakarta Pusat sebanyak 25 gedung dengan total 25 unit terpasang.

Di Jakarta Utara enam gedung dengan total tujuh unit terpasang, Jakarta Barat 35 gedung dengan total 48 unit terpasang, Jakarta Selatan 47 gedung dengan total 47 unit terpasang, dan Jakarta Timur enam gedung dengan total enam unit terpasang, dan di Balai Kota DKI Jakarta sendiri terpasang dua unit.

"Untuk operasional water mist dilakukan secara serentak yaitu pada pagi hari mulai pukul 09.00 sampai 11.00, selama 2 jam, dan sore hari dilakukan pada pukul 17.00 - 19.00," bebernya.

Baca Juga: Kurangi Polusi Jakarta, BNPB Lanjutkan Operasi Water Mist Spraying

2. Pemprov klaim water mist turunkan polutan

Sebanyak 121 Gedung Swasta dan Pemerintah di Jakarta Pasang Water MistPengoperasian water mist generator di atap gedung balai kota DKI Jakarta l, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ani mengimbau, pada pemilik gedung-gedung tinggi agar segera memasang water mist generator karena bisa menurunkan PM 2.5 di Jakarta.

"Perbandingan penggunaan air biasa maupun dengan penambahan eco-enzym menunjukkan hasil pola yang cenderung sama, yaitu penurunan PM 2.5 setelah mist generator dioperasikan," jelas Ani.

3. Penyiraman jalan tetap dilakukan

Sebanyak 121 Gedung Swasta dan Pemerintah di Jakarta Pasang Water MistPolda Metro Jaya kerahkan 4 mobil water cannon semprot jalan protokol untuk atasi polusi udara Jakarta. (dok. Humas Polda Metro Jaya)

Sementara, untuk penyiraman jalan-jalan protokol oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta hingga 4 Oktober 2023, telah dilakukan di 323 lokasi di seluruh wilayah Jakarta, dengan mengerahkan sebanyak 327 mobil dan 1.284 personel.

"Penyiraman jalan protokol masih terus dilakukan, hal ini paralel dilakukan dengan pemasangan water mist di Jakarta sudah cukup luas," katanya.

Baca Juga: Megawati Ngaku Sedang Alergi gegara Polusi Udara

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya