Selain Ashanty, 8 Orang Juga Terpapar COVID Usai Liburan dari Turki  

Belum dipastikan apakah terkena varian Omicron atau bukan

Jakarta, IDN Times - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, membenarkan bahwa penyanyi Ashanty terkonfirmasi positif COVID-19 sepulang liburan dari Turki.

Selain Ashanty, Nadia mengatakan, ada 8 orang lain yang masuk rombongan Ashanty juga positif COVID-19. Meski demikian, Nadia enggan membeberkan detail siapa saja 8 orang yang terkena COVID-19 itu.

"Memang ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang masuk ke wilayah Indonesia salah satunya inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif, lalu ada 8 orang lainnya," ujar Nadia saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Kemenkes Tunggu Hasil Tes COVID Ashanty, Pastikan Omicron Atau Tidak

1. Belum bisa dipastikan terkena varian Omicron atau tidak

Selain Ashanty, 8 Orang Juga Terpapar COVID Usai Liburan dari Turki  ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski demikian, Nadia belum bisa memastikan apakah istri Anang Hermansyah dan 8 orang lainnya yang terpapar COVID-19 itu terkena varian Omicron atau bukan.

Dia menjelaskan, sesuai prosedur yang ada semua kasus positif PPLN dilakukan pemeriksaan kasus positif PCR S-Gene Target Failure (SGTF) untuk mendeteksi kemungkinan varian Omicron, dan dilanjutkan dengan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk memastikan variannya.

"Saat ini semua sedang dalam proses pemeriksaan ya," imbuh Nadia.

2. Kasus positif COVID harus karantina terpusat

Selain Ashanty, 8 Orang Juga Terpapar COVID Usai Liburan dari Turki  Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Nadia memastikan, tidak ada dispensasi karantina mandiri bagi PPLN. Sesuai prosedur, kasus positif harus melakukan isolasi terpusat di rumah sakit atau RS Wisma Atlet.

"Saat ini sudah berada di rumah sakit di Jakarta Selatan," imbuhnya.

3. Ashanty dan keluarga baru saja pulang dari Turki

Selain Ashanty, 8 Orang Juga Terpapar COVID Usai Liburan dari Turki  instagram.com/ashanty_ash

Diketahui, Ashanty baru saja pulang dari Turki setelah menikmati liburan sejak akhir Desember 2021 bersama keluarga besar termasuk keluarga besannya, Gen Halilintar.

Sesampainya di Indonesia Ashanty dan keluarga karantina di Hotel Grand Sahid Jakarta. Namun yang mengejutkan, usai dites PCR pertama, Ashanty dikabarkan positif COVID-19.

Belum ada konfirmasi dari pihak manajemen maupun keluarga terkait status kesehatan Ashanty hingga saat ini.

Hingga berita ini diturunkan, Ashanty memang saat ini terdeteksi positif COVID namun belum bisa dipastikan apakah itu varian Omicron atau tidak. Hal ini dikarenakan untuk mendeteksi COVID varian Omicron harus dilakukan khusus dengan tes SGTF atau PCR S-Gene Target Failure (SGTF).

Dari informasi pihak Hotel Grand Sahid Jaya tempat awal mula Ashanty harusnya karantina sehabis pulang dari Turki, diketahui jika saat ini istri Anang tersebut sudah dievakuasi ke rumah sakit yang sudah direkomendasi dan approve oleh Satgas COVID-19. Ashanty telah dibawa untuk perawatan sejak Jumat (7/1/2022) pagi.

Baca Juga: Klarifikasi Ashanty Soal Dirinya Positif COVID Sepulang dari Turki

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya