Comscore Tracker

Sembunyi di Plafon Rumah, Ular Sanca 3 Meter Teror Warga Jakarta Barat

Ular Sanca ini sempat lepas saat dievakuasi petugas Damkar

Jakarta, IDN Times - Di tengah pandemik virus corona atau COVID-19, warga Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, digegerkan dengan kemunculan ular sanca sepanjang tiga meter.

Kasiops Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Eko Sumarno menceritakan, pihaknya menerima laporan warga pada Minggu (12/4) pukul 01.30 WIB, adanya ular sanca yang berada di salah satu rumah warga.

"Ular tersebut meresahkan seorang warga karena bersarang di plafon salah seorang warga di Jalan Asia Baru nomor 45, Kelurahan Duri," ujar Eko melalui pesan yang diterima IDN Times, Minggu.

1. Petugas Damkar mencari ular yang bersarang di plafon rumah sekitar 1 jam

Sembunyi di Plafon Rumah, Ular Sanca 3 Meter Teror Warga Jakarta BaratBeberapa ekor kobra berhasil diamankan dari rumah warga Semarang. (Dok Semarangker)

Eko menceritakan, Dinas Sudin Penanggulangan Kebakaran Jakarta Barat menerjunkan empat personel untuk mencari ular yang bersarang di rumah warga itu.

"Proses evakuasi dilakukan selama satu jam, dari jam 02.00 sampai jam 03.00," ujar dia.

Baca Juga: 5 Reaksi Tubuh Saat Tergigit Ular Berbisa, Ini Kronologi Per Menitnya

2. Posisi ular berada di atas plafon

Sembunyi di Plafon Rumah, Ular Sanca 3 Meter Teror Warga Jakarta BaratIlustrasi ular kobra. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Eko menyebutkan petugas Damkar sempat kesulitan mencari ular tersebut, karena posisinya berada di atas plafon rumah. Petugas terpaksa membongkar beberapa lembar plafon untuk menangkap ular tersebut.

"Jadi ular tersebut melingkar di atas plafon, sehingga petugas menjebol plafon tersebut," ucap dia.

3. Ular Sanca sepanjang tiga meter sempat kabur

Sembunyi di Plafon Rumah, Ular Sanca 3 Meter Teror Warga Jakarta BaratIlustrasi warga tangkap ular piton. (IDN Times/Istimewa)

Dalam video penangkapan ular yang diterima IDN Times, nampak petugas Damkar berkutat di dapur, saat membongkar plafon menggunakan linggis besi. Ular tersebut melilit di plafon, sehingga petugas menjepit kepala ular tersebut dengan alat penjepit hingga menarik tubuh ular tersebut.

Ular tersebut sempat terlepas dan membuat kepanikan pemilik rumah. Namun dengan sigap, petugas Damkar menangkap dan memasukkan ular sanca tersebut ke dalam karung.

Baca Juga: 5 Fakta Sanca Kembang, Ular Terpanjang di Dunia yang Cantik

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya