Comscore Tracker

Survei Sebut Warganet Indonesia Paling Tak Sopan, Microsoft 'Diserbu'

Kolom komentar Instagram Microsoft sampai ditutup

Jakarta, IDN Times - Sebagian warganet Indonesia bereaksi usai disebut Microsoft dalam surveinya sebagai warganet yang paling tidak sopan di Asia Tenggara. Mereka pun membanjiri kolom komentar akun Instagram milik Microsoft, @microsoft.

Survei yang dilakukan Microsoft ini melibatkan 16 ribu responden dari 32 negara. Sebanyak 503 orang di antaranya merupakan warganet asal Indonesia.

Pantauan IDN Times, pada Jumat (5/3/2021), postingan akun Instagram Microsoft mulai diserbu warganet Indonesia pada 18 Februari 2020. Beberapa postingan bahkan sampai ditutup kolom komentarnya.

1. Ragam komentar warganet Indonesia

Survei Sebut Warganet Indonesia Paling Tak Sopan, Microsoft 'Diserbu'Instagram Microsoft

Baca Juga: Microsoft Dukung Media Eropa agar BigTech Bayar Penerbit Berita

Ada beragam komentar yang diberikan warganet Indonesia dalam kolom komentar postingan akun Instagram Microsoft. Beberapa di antaranya bernada negatif.

"Mikrosop kalah saing ya sama jeff bezos? Bentar lagi juga bangkrut, mending pln yang bisa ngalirin listrik gabikin2 survei. Lah lu siapa? Ga ada pln gabakal tau kita apa itu microsof, pas tau juga ga peduli. Sampah luar," tulis akun Ab**s** tidak terima.

Namun, tak sedikit pula yang memberikan komentar bernada positif. Bahkan menganggap hasil survei Microsoft telah tepat.

"Gw gak yakin cuman selevel asia tenggara, pasti udah cocok masuk jajaran dunia lah. Buktinya sekelas Microsoft sampe tutup kolom komentar awokwokkk terbukti survey Microsoft," tulis akun M*n**.

"Untuk Microsoft saya sebagai warga NKRI meminta maaf atas netizen yang tidak sopan, bukannya sadar malah menjadi-jadi," tulis akun t*t*.

2. Indonesia berada di urutan ke-29 dari 32 negara

Survei Sebut Warganet Indonesia Paling Tak Sopan, Microsoft 'Diserbu'Survei Microsoft 'Digital Civility Index (DCI)

Hasil survei Microsoft, dalam laporan Digital Civility Index (DCI), diterbitkan pada Februari 2021. Survei menyebut warganet Indonesia berada di urutan ke-29 dari 32 negara dengan tingkat kesopanan pengguna internet paling rendah.

Hal tersebut pun membuat Indonesia berada di tingkat paling rendah di Asia Tenggara sepanjang 2020.

Sedangkan, peringkat warganet paling santun dalam penggunaan internet berada di Belanda, Amerika Serikat dan Singapura.

3. Microsoft survei tingkat kesopanan, keamanan dan interaksi online sejak 2016

Survei Sebut Warganet Indonesia Paling Tak Sopan, Microsoft 'Diserbu'Data Penggunaan Internet di Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Microsoft melakukan survei tingkat kesopanan, keamanan dan interaksi online sejak 2016. Tujuannya, untuk mempromosikan interaksi online yang lebih aman, lebih sehat dan lebih saling menghormati.

Microsoft mensurvei remaja dan orang dewasa di seluruh dunia tentang keadaan kesopanan digital pada 2020. Penelitian dilakukan mulai April dan Mei 2020.

Baca Juga: Jokowi: Alibaba dan Microsoft Tertarik Bangun Pusat Data di Indonesia

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya