Tak Hanya Narkoba, Pasar Blok G Tanah Abang Juga Jadi Tempat Prostitusi

Pedagang keluhkan kriminalitas tinggi di Blok G

Jakarta, IDN Times - Kondisi Pasar Tanah Abang Blok G jadi sorotan setelah adanya laporan blok tersebut diduga dijadikan sarang preman sampai narkoba. Sebenarnya, kondisi ini sudah dikeluhkan oleh pedagang sejak lama.

Sekretaris Koperasi Tanah Abang Desmawita mengungkapkan sejumlah keluhan dialaminya dan pedagang terutama maraknya tindak kriminal dan asusila di pasar Blok G seperti premanisme, protistusi, penodongan, pencurian, narkoba, tuna wisma atau gelandangan yang bebas berkeliaran dan tidur di depan toko sehingga pembeli enggan untuk berbelanja.

“Seringkali kios pedagang dibobol dan dicuri barang dagangannya, bahkan sampai ke besi pajangan sampai ludes dan ini terjadi di lantai satu dan lantai dua. Ada security tetapi tidak mengawasi dan menjaga dengan baik,” ucapnya dalam siaran tertulis dikutip dari laman DPRD DKI Jakarta, Minggu (9/7/2023).

 

1. Akses di blok G sulit hingga buat omzet pedagang turun

Tak Hanya Narkoba, Pasar Blok G Tanah Abang Juga Jadi Tempat ProstitusiSuasana Pasar Tanah Abang di Tengah Pandemik COVID-19 (IDN Times/Athif Aiman)

Keluhan yang sama diutarakan oleh Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia Kambaruddin Manday. Ia menyampaikan, omzet pedagang turun drastis dikarenakan sulitnya akses untuk menuju pasar blok G, serta tidak terpeliharanya lingkungan sekitar pasar, sehingga calon pembeli enggan untuk berkunjung. 

“Semua akses diputus. Seakan pasar mati. Belum ada solusi, ditambah lagi 2020 ada Covid. Pasar ditutup hingga benar-benar tidak ada pemasukan," katanya.

"Pihak Pasar Jaya sudah tidak peduli lagi, genangan air di depan pasar tidak pernah surut, walaupun tidak hujan, aroma bau dan kotor sudah jadi pemandangan sehari-hari, bagaimana pengunjung mau datang? Omzet kami turun 90 persen ke titik yang terendah,” imbuhnya.

Baca Juga: Pasar Blok G Tanah Abang Diduga Jadi Sarang Narkoba, Heru Buka Suara

2. Komisi B DPRD minta Perumda bertindak

Tak Hanya Narkoba, Pasar Blok G Tanah Abang Juga Jadi Tempat ProstitusiRapat Komisi B DPRD DKI Jakarta bersama Manajemen Holywings, Rabu (29/6/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Menanggapi sejumlah keluhan tersebut, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengimbau agar Perumda Pasar Jaya bisa segera bertindak. Mulai dari penanganan kebersihan, keamanan, dan ketertiban di pasar Blok G Tanah Abang, serta melanjutkan proses revitalisasi yang sempat terhambat karena adanya COVID-19.

“Ada dua langkah yang harus segera dilakukan. Jangka pendek merumusan kesepakatan bentuk relaksasi, mengoptimalkan pendataan pedagang. Kemudian untuk jangka menengah panjang untuk segera dirumuskan dan disosialisasikan syarat dan ketentuan pedagang yang berhak menempati tempat usaha baru dan harus transparan,” katanya.

3. Heru gandeng kepolisian berantas kriminalitas

Tak Hanya Narkoba, Pasar Blok G Tanah Abang Juga Jadi Tempat ProstitusiPj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono sambangi Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, Kamis (20/10/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Terkait adanya tindak kriminal di Blok G Pasar Tanah Abang, Penjabat (Pj), Heru Budi Hartono meminta Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) dan Polres Metro Jakarta Pusat mengecek lokasi tersebut.

"Ya nanti bersama Pak Wali (Kota Jakarta Pusat) dan Polres cek," kata Heru, Jumat (7/7/2023).

Heru menegaskan, pihaknya bakal menggandeng pihak kepolisian. Mereka akan menangani temuan terkait adanya pemakaian narkoba dan minuman keras (miras) di blok yang terbengkalai tersebut.

"Kalau menyangkut terkait kriminalitas, kami kerja sama dengan polres," ujar Heru.

IDN Times sudah menghubungi Dirut Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo Utama dan Manager Humas PR Pasar Jaya Agus Lamun namun sampai berita ini ditulis belum ada respons dari keduanya.

Baca Juga: Polisi Temukan Benda Diduga Alat Isap Sabu di Blok G Pasar Tanah Abang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya