Tenaga Medis Saat Malam Tahun Baru di Jakarta Bakal Pakai Balon Merah

Balon merah bagi petugas medis agar mudah ditemukan

Jakarta, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta menerjunkan 88 petugas medis dan ambulans untuk melakukan pelayanan kesehatan pada malam Tahun Baru 2024. Mereka juga akan dibekali balon berwarna merah untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, mengatakan, pihaknya menempatkan posko pelayanan kesehatan, petugas medis di titik-titik lokasi panggung hiburan, serta koordinasi kesiapan ambulans di RSUD terdekat. 

"Untuk mempermudah tim kesehatan ditemukan, kami akan menggunakan vest putih dan akan ada penanda balon berwarna merah bertuliskan medik sehingga ketika ada kondisi darurat bisa dengan mudah ditemukan," ujar Ani dalam konferensi pers Malam Muda Mudi, dikutip Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: 11 Panggung Festival hingga Drone Show Ramaikan Malam Tahun Baru Jakarta

1. Sejumlah armada kesehatan disiapkan saat malam Tahun Baru

Tenaga Medis Saat Malam Tahun Baru di Jakarta Bakal Pakai Balon Merahilustrasi mobil ambulans (freepik)

Ani mengatakan, selain petugas, terdapat 16 unit mobil ambulans, 15 unit motor ambulans, 2 unit sepeda ambulans, serta layanan kesehatan keliling menggunakan skuter untuk memudahkan pelayanan bagi warga. Termasuk untuk mengantisipasi apabila terjadi kegawatdaruratan.

"Kami juga sudah menyiapkan rumah sakit rujukan yakni RSPAD Gator Subroto, RSCM, RSUD Tarakan, RS Polri, hingga RSUD Kebayoran baru. Semuanya sudah siap untuk menerima rujukan apabila ada kondisi-kondisi darurat," katanya.

Baca Juga: Malam Tahun Baru 2024, Pemprov DKI Gelar Light Show 500 Drone

2. Pemprov DKI gelar malam muda mudi

Tenaga Medis Saat Malam Tahun Baru di Jakarta Bakal Pakai Balon MerahDinas Parekraf DKI gelar konpers malam muda-mudi di Tahun Baru 2024, Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan berbagai acara dengan tema ‘Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global’ pada 31 Desember 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, mengatakan, acara ini dihadirkan untuk seluruh warga yang ingin menikmati malam pergantian tahun di Jakarta. 

“Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin dan puncak perayaan pergantian tahun di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia dengan menampilkan artis-artis ibu kota. Harapannya, seluruh warga yang ada di Jakarta bisa menghabiskan malam tahun baru dengan penuh sukacita,“ ujar Andhika, di Ganara Art, Plaza Indonesia, Jumat (22/12/2023).

Baca Juga: KCI Siapkan 24 KRL Tambahan untuk Malam Tahun Baru 2024

3. Berbagai pertunjukan menarik

Tenaga Medis Saat Malam Tahun Baru di Jakarta Bakal Pakai Balon MerahDinas Parekraf DKI gelar konpers malam muda-mudi di Tahun Baru 2024, Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dengan mengusung konsep car free night, Andhika berharap warga bisa menikmati berbagai kegiatan seperti pertunjukan Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan 10 IP-Based Character Jakarta, yaitu Maskot Jakarta-JeKaTe, Fun Cican, Our Happiness, Cute Monster, Si Juki, Si Unyil, Sayuti Koboi Betawi, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatot Kaca.

Selain itu, ada juga penampilan beragam genre musik, pertunjukan humanoid (manusia patung), serta ragam kegiatan kesenian lainnya juga akan dihadirkan di lokasi panggung hiburan di beberapa titik.

Berbagai sinergi dengan para stakeholders turut dilakukan, seperti Cityvision, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Baca Juga: Catat! Daftar Kantong Parkir Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya