Terima 1000 Tabung Oksigen dari Shopee, Menkes Prioritaskan Jawa-Bali

Menkes juga terima bantuan 1 juta dosis vaksin COVID-19

Jakarta, IDN Times - Sea Group selaku perusahaan induk Shopee dan Garena, menyerahkan bantuan berupa 1000 tabung oksigen dan 1 juta dosis vaksin COVID-19 kepada Pemerintah Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengucapkan terima kasih kepada Shopee yang sudah ikut memberikan komitmennya dalam upaya pemenuhan kebutuhan alat kesehatan yang saat ini sangat diperlukan untuk perawatan pasien COVID-19.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas donasi yang diberikan. Ini salah satu contoh dimanapun manusia berada saling bekerja sama mengatasi masalah pandemi,” ujar Budi dalam siaran tertulis, Senin (12/7/2021)

1. Menkes ajak atasi pandemik bersama

Terima 1000 Tabung Oksigen dari Shopee, Menkes Prioritaskan Jawa-BaliKeterangan Pers Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Selasa (26/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Budi mengajak seluruh elemen masyarakat maupun swasta untuk saling bergotong-royong untuk mempercepat penanganan pandemik COVID-19. Dirinya optimis dengan modal sosial yang dimiliki bangsa Indonesia, masa sulit yang saat ini dihadapi bisa segera dilalui.

“Kita tidak mungkin berperang melawan pandemi ini sendiri, tapi kita harus melakukannya bersama-sama. Kita tidak mungkin secara exclusive hanya menyelamatkan kelompok, golongan, organisasi atau negara kita sendiri, tapi kita harus secara inklusif untuk bekerja sama dengan seluruh kelompok masyarakat di dunia untuk mengatasi pandemi ini,” terangnya.

Baca Juga: Klaim COVID RI Terkendali, Luhut: Yang Bilang Gak, Datang ke Saya!

2. 1000 tabung oksigen diprioritaskan untuk area Jawa-Bali

Terima 1000 Tabung Oksigen dari Shopee, Menkes Prioritaskan Jawa-BaliTenaga kesehatan membantu seorang pasien COVID-19 usai pelaksanaan shalat Idul Fitri di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021). ANTARA FOTO/Moch Asim

Menkes menambahkan, 1000 tabung oksigen bantuan Shopee yang didatangkan langsung dari Singapura telah tiba di Indonesia pada 10 Juli lalu melalui Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Setelah serah terima dilakukan, tabung oksigen tersebut akan segera didistribusikan oleh Kementerian Kesehatan diprioritaskan ke 7 provinsi di Pulau Jawa dan Bali terutama Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi DI Yogyakarta mengingat kedua wilayah tersebut memiliki kendala logistik dan distribusi dalam memenuhi kebutuhan oksigen medis.

 

3. Persoalan COVID-19 jadi lintas sektor

Terima 1000 Tabung Oksigen dari Shopee, Menkes Prioritaskan Jawa-BaliSejumlah tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Co-Founder Sea Group Ye Gang mengatakan bantuan ini merupakan wujud komitmen Shopee untuk berkontribusi dalam membantu Indonesia melawan COVID-19.

Sebab, persoalan COVID-19 bukan hanya masalah sektoral, namun lintas sektor yang membutuhkan penanganan yang lebih komprehensif, sehingga semua orang memiliki peran penting untuk menjadi bagian dalam menangani pandemi.

“Kita tidak bisa melawan COVID-19 sendirian, kita harus mengatasi ini bersama-sama. Karena semua memiliki peran penting baik pemerintah, pelaku usaha maupun individu itu sendiri. Untuk itu, kami mendonasikan 1000 tabung oksigen dan 1 juta dosis vaksin untuk membantu Indonesia melawan COVID-19. Kami senang bisa ikut ambil bagian untuk menyelamatkan kehidupan,” kata Ye Gang.

 

Baca Juga: RI Bakal Impor 40 Ribu Ton Oksigen Liquid, Luhut: Buat Jaga-Jaga

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya