Tiga Pintu Air Jakarta Siaga 2 Usai Hujan Lebat, Waspada Banjir

Hujan juga membuat sejumlah wilayah terendam banjir

Jakarta, IDN Times - Memasuki awal tahun 2020, tiga pintu air yaitu Manggarai, Karet, dan Pulo Gadung berstatus siaga dua setelah Jakarta diguyur hujan lebat.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, BPDB DKI melalui akun twitter, Rabu (1/1), mengatakan di Pintu Air Manggarai mencapai 860 cm pada pukul 04.00 WIB

Sedangkan, tinggi muka air di Pintu Air Karet mencapai 560 cm dan Pintu Air Pulo Gadung mencapai 710 cm.

2. BPBD DKI Jakarta telah memetakan sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak akibat siaga dua di Pintu Air Manggarai

Tiga Pintu Air Jakarta Siaga 2 Usai Hujan Lebat, Waspada Banjir(Pintu Air Manggarai) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dilansir dari Antara, BPBD DKI Jakarta telah memetakan sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak akibat siaga dua di Pintu Air Manggarai di antaranya Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan, dan Tomang.

Sedangkan untuk wilayah yang berpotensi terdampak akibat siaga dua Pintu Air Karet yakni Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Petamburan, dan Tomang.

Baca Juga: Banjir Jakarta, Pengamat Sebut Sistem Drainase Ibu Kota Buruk

2. Informasi kenaikan tinggi air sudah diinformasikan via WhatsApp

Tiga Pintu Air Jakarta Siaga 2 Usai Hujan Lebat, Waspada Banjir(Pintu Air Manggarai) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara itu, tiga pintu air lainnya yakni Pesanggrahan dengan tinggi muka air mencapai 155 cm, Sunter Hulu mencapai 150 cm, dan Pasar Ikan mencapai 176 cm ditetapkan siaga tiga.

BPBD DKI Jakarta telah menyebarkan informasi kepada lurah serta warga yang tinggal di bantaran kali terkait kenaikan tinggi muka air tersebut melalui media sosial dan laman instansi tersebut.

Pemberitahuan juga telah diberikan kepada camat dan lurah melalui grup pesan aplikasi Whatsapp.

 

3. Banjir rendam jalan dan rumah

Tiga Pintu Air Jakarta Siaga 2 Usai Hujan Lebat, Waspada BanjirTwitter @TMC Polda Metro

Berdasarkan laporan TMC Polda Metro Jaya sejumlah ruas jalan di Ibu kota terendam banjir hingga memasuki rumah warga. Bahkan tagar #banjir menjadi trending topik dan memenuhi linimasa media sosial.

Dilansir akun Twitter @TMCPoldaMetro banjir sedalam 30 sentimeter terjadi di Jalan Tanjung Duren Jakarta Barat persis di depan Damkar. Akun Twitter @TMCPoldaMetro menghimbau agar pengguna jalan berhati-hati jika melintas

Begitu pulan di Jalan Pemuda Jakarta Timur. "04.10 #Banjir 30 cm di TL. Arion Jl. Pemuda Jaktim, agar hati2 bila sedang melintas," cuit akun tersebutKttetersebutKtt

4. Tagar #banjir jadi trending topik

Tiga Pintu Air Jakarta Siaga 2 Usai Hujan Lebat, Waspada BanjirTwitter

Tidak hanya membanjiri jalan, hujan deras sejak Selasa (31/12) mengakibatkan rumah warga kebanjiran.Sejumlah foto banjir juga memenuhi media sosial Twitter.

Akun twitter @mpokdian mencuitkan saat ini di Kampung Tengah Kramat Jati Jaktim sudah memasuki rumah. Begitu juga akun@shyriaa yang menguploap foto keadaan dalam rumah.

"Yaampun.. ada real estate dirumah.. Hujan berhenti dong.. #banjir #happynewyear2020 #bekasi," cuitnya.

Baca Juga: Jakarta Selalu Banjir, Pemprov DKI Disebut Sering Cari Kambing Hitam

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya