Trotoar Kedubes AS Dibuka Setelah 10 Tahun, Heru: Kembali ke Fungsinya

Heru minta OPD lakukan penataan trotoar

Jakarta, IDN Times - Trotoar di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Gambir, Jakarta Pusat, sudah kembali dibuka. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta organisasi perangkat daerah membersihkan dan menata trotoar itu.

Heru juga menginstruksikan penataan kabel milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di sekitar trotoar tersebut.

"Saya mengecek apa yang masih kurang. Contohnya, kita akan bersihkan, di sana ada pohon yang memang sudah ada, tapi kita rapikan. Artinya, kita perbaiki juga wilayah ini," ungkapnya dalam siaran tertulis, Senin (12/6/2023).

Baca Juga: 10 Tahun Ditutup, Trotoar Depan Gedung Kedubes AS Akhirnya Dibuka

1. Heru apresiasi Kemenlu dan Kedubes AS

Trotoar Kedubes AS Dibuka Setelah 10 Tahun, Heru: Kembali ke FungsinyaPj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kondisi trotoar di depan Kedubes Amerika Serikat (AS), Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu (11/6/2023). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru mengapresiasi sinergi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan Kedubes AS dengan Pemprov DKI Jakarta, sehingga dapat mengembalikan fungsi trotoar untuk pejalan kaki.

"Pertama, cone dan movable concrete barrier (MCB) sudah diangkut. Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Kemlu dan Duta Besar Amerika yang telah mau bersama-sama mengembalikan fungsi trotoar," katanya

"Memang dari awal saya ingin ada kemudahan bagi warga, yang dari arah Tugu Tani bisa terus berjalan ke arah Patung Kuda, supaya nyaman. Harapannya, ke depan dapat berfungsi secara optimal," tambahnya.

Baca Juga: Polemik Gedung Kedubes AS Tutup Trotoar, Heru Hubungi Kemenlu

2. Trotoar ditutup sejak Jokowi menjabat Gubernur DKI

Trotoar Kedubes AS Dibuka Setelah 10 Tahun, Heru: Kembali ke FungsinyaRevitalisasi trotoar di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (24/10/2022). (IDN Times/Deti Mega Purnamasari)

Pemprov DKI Jakarta telah membuka trotoar di depan Kedubes AS pada Jumat (9/6/2023) pukul 22.00 WIB.

Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP DKI Jakarta telah merapikan MCB yang berada di trotoar itu sebelumnya. Kegiatan itu disaksikan jajaran Kemlu RI dan Kedubes AS.

Koalisi Pejalan Kaki mengungkapkan penutupan trotoar yang dilakukan Kedubes AS sudah terjadi sejak zaman Presiden Joko (Jokowi) Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Koalisi Pejalan Kaki telah melayangkan protes saat itu.

"Dari zaman Pak Jokowi sebagai Gubernur DKI. Kami sudah menyampaikan itu kepada Pemprov DKI Jakarta agar fasilitas publik yang merupakan hak dasar pejalan kaki harus dibuka yang di depan Kedubes AS," ujar Ketua Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus kepada wartawan.

Baca Juga: Heboh Gedung Kedubes AS Caplok Trotoar, Begini Reaksi Dubes Sung Y Kim

3. Dubes AS respons keluhan masyarakat tentang trotoar

Trotoar Kedubes AS Dibuka Setelah 10 Tahun, Heru: Kembali ke FungsinyaDuta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y. Kim (Screensot Instagram @usembassyjkt)

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Y Kim merespons keluhan warga dan bersedia membuka penutup trotoar di depan kantornya.

"Aksesibilitas, keamanan, dan walkability adalah faktor pertimbangan penting untuk kota besar seperti Jakarta. Kami menyambut baik dan menantikan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk pembukaan kembali trotoar di depan Kedubes AS," kata Sung Y Kim seperti dikutip lewat akun Twitter resminya @USAmbIndonesia, Selasa.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya