Ultah ke-62, Astra Launching Rumah Baru

Menara Astra menjadi salah satu gedung tertinggi di Jakarta

Jakarta, IDN Times - PT Astra International Tbk meresmikan Menara Astra tepat di hari ulang tahun ke 62 tahun yang jatuh hari ini, Rabu (20/2). Peresmian menara yang berada di Jalan Sudirman tersebut ditandai pembukaan patung pendiri Astra mendiang William Soeryadjaya oleh keluarga Soeryadjaya yang dipimpin istri mendiang William Soeryadjaya pendiri Astra, Lily Anwar.

1. Salah satu gedung tertinggi di Jakarta.

Ultah ke-62,  Astra Launching Rumah BaruIDN Times/Dini Suciatiningrum

Presiden Direktur PT Astra Internasional Prijono Sugiarto mengungkapkan menara astra ini menjadi rumah baru bagi Astra Group. Dibangun sejak 10 Desember 2013, menara Astra memiliki 47 lantai kontruksi dengan tiga lantai dan enam lantai basement serta 63 lantai marketing.

"Menara setinggi 262 meter ini menjadi salah satu gedung tertinggi di Jakarta tapi
bukan berarti kita berlomba-lomba untuk mendirikan bangunan tinggi," ucap Prijono dalam sambutannya.

2. Galeri Astra disuguhkan di lantai lima

Ultah ke-62,  Astra Launching Rumah BaruIDN Times/Dini Suciatiningrum

Prijono menambahkan salah satu keunikan Menara Astra adalah adanya galeri Astra yang menggambarkan perjalanan Astra sampai pencapaian hari ini. Ia pun mengaku pihaknya juga memberikan unsur kebudayaan yang kental dalam gedung yang mencerminkan catur dharma yang merupakan landasan perusahaan tersebut.

"Karya seni yang berada di lantai 3 dan 5 merupakan cermin dari empat catur dharma serta perjalanan astra sampai hari ini," imbuhnya.

3. Mural percantik interior Menara Astra

Ultah ke-62,  Astra Launching Rumah BaruIDN Times/Dini Suciatiningrum

Menara yang dibangun di atas lahan seluas 1,1 hektare tersebut diberikan sentuhan seni di lantai tiga dan lima. Head of Corporate Communications Boy Kelana Soebroto menuturkan filosofi perusahaan Astra diwujudkan dalam mural dinding dan patung rancangan seniman terbaik.

"Kami mengandeng seniman terbaik mulai Dolorosa Sinaga, Mangau Putra, Heri Dono, Agus Suwage, Chusin Setiadikara, dab Budi Liem," paparnya.

Baca Juga: Astra & The Bali Hope Gelar Swimrun Pertama di Asia Tenggara

4. Menara Astra jadi cikal bakal bisnis properti Astra

Ultah ke-62,  Astra Launching Rumah BaruIDN Times/Dini Suciatiningrum

Vice President Astra Property Nilawati Irjani memaparkan menara yang berada di Jalan Sudirman merupakan cikal bakal Astra Properti yang menjadi lini bisnis baru Astra. 

Bangunan yang menelan investasi sebesar Rp 8 triliun ini dilengkapi convention hall berkapasitas 1.500 orang. "Dari 63 lantai 80 persen untuk publik dan 20 persen digunakan Astra Grup," imbuhnya

Baca Juga: Saat Menteri BUMN Rini Soemarno Menangis di Menara Astra 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya