[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Menjadi 2.976 Orang

Wapres Ma'ruf Amin apresiasi kinerja Menkes Terawan

Jakarta, IDN Times - Virus corona (COVID-19) terus memakan korban. Data terbaru yang dirilis oleh gisanddata.maps.arcgis.com korban meninggal dunia sudah mencapai 2.976 jiwa pada pada Minggu (1/3) pukul 08.45 WIB.

Jumlah korban meninggal hampir 80 persen berasal dari Provinsi Hubei, Tiongkok, yang melaporkan ada 2.761 kematian akibat virus mematikan tersebut.

1. Amerika mengumumkan kasus pertama meninggal dunia

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Menjadi 2.976 OrangIDN Times/Sukma Shakti

Selain di Tiongkok, tercatat korban meninggal terbanyak ada di Iran sebanyak 43 orang, diikuti oleh Italia 29 orang dan Korea Selatan sebanyak 16 orang.

Sedangkan korban meninggal kapal pesiar Diamond Cruise sebanyak 6 orang. Amerika mengumumkan kasus pertama meninggal dunia karena infeksi virus corona sebanyak 1 orang.

Baca Juga: [BREAKING] Korban Tewas Pertama Akibat Virus Corona Terjadi di Amerika

2. Sebanyak 42.066 jiwa sembuh dan yang terinfeksi 86.584 jiwa

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Menjadi 2.976 OrangAnak-anak memakai masker untuk mencegah penularan coronavirus baru di Stasiun Kereta Cepat Hong Kong West Kowloon di Hong Kong, Tiongkok, pada 23 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Walau jumlah korban meninggal cukup tinggi namun angka kesembuhan juga meningkat. Per hari ini, Minggu (1/3) tercatat 42.066 jiwa sembuh dan pulih seperti sedia kala usai menjalani pengobatan karena virus corona.

Sedangkan korban yang terinfeksi 86.584 Angka terinfeksi tersebut mayoritas berada di Hubei, Tiongkok.

3. Indonesia tidak terjangkit virus corona karena doa qunut para ulama dan kiai

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Menjadi 2.976 OrangWapres Ma’ruf Amin Bertemu Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi (Dok. Setwapres)

Sedangkan di Indonesia sampai detik ini belum melaporkan kasus adanya virus corona di tanah air. Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, salah satu faktor yang membuat Indonesia tidak terjangkit virus corona adalah karena doa qunut dari para ulama dan kiai.

Ma'ruf turut menyebut kerja sama yang baik antar lembaga untuk mencegah agar virus dengan nama COVID-19 itu tak masuk ke Tanah Air, untuk saat ini dinilai cukup ampuh. 

4. Wapres Ma'ruf Amin apresiasi kinerja Menkes Terawan

[UPDATE] Korban Meninggal Virus Corona Menjadi 2.976 OrangMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 27 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

"Banyak kiai dan ulama yang selalu membaca doa qunut. Saya juga begitu baca doa qunut untuk menjauhkan bala, bahaya, wabah-wabah dan penyakit. Makanya (virus) corona minggir di Indonesia," kata Ma'ruf di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Jumat (28/2).

Dalam kunkernya itu, ia turut mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh Menkes Terawan Agus Putranto. Menurutnya, pencegahan virus corona di Indonesia bisa berjalan dengan baik karena kerja kerasnya.

"Supaya Indonesia tidak terpapar virus corona, Beliaulah (Terawan) penjaga gawangnya. Padahal negara lain sudah terkena, seperti pusat corona di Tiongkok dan negara Jepang, Amerika Serikat, Singapura dan negara lainnya. Tadi kata Pak Menteri, berkat doa kiai dan ulama juga yang melakukan istighosah," ungkap Ma'ruf.

https://www.youtube.com/embed/IBy85YT3lLM

Baca Juga: Wabah Virus Corona, Begini Instruksi Anies ke Rumah Sakit dan Dinkes

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya