Comscore Tracker

Viral Buang Sampah di Kalimalang, Pemilik Mobil Warga Tambun Bekasi

Identitas pemilik mobil yang buang sampah sudah dikantongi

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang menampilkan pengendara mobil boks membuang sampah dalam plastik besar ke Kalimalang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat viral di media sosial.

Video itu diunggah Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di akun Instagram miliknya, @mastriadhianto. Dalam video, tampak sebuah mobil berwarna putih menepi di pinggir jalan. Pengemudi menyalakan lampu sinyal.

Kemudian terlihat salah satu penumpang mobil itu melempar karung sampah ke kali. Dalam video tersebut, tampak empat karung sampah yang dibuang ke sungai.

"Entah apa yang dipikirkan si pengemudi mobil ini, tega-teganya buang sampah sembarangan di Kalimalang. Ini jelas prilaku yg sangat buruk, terlebih kita menghadapi musim penghujan," tulis Tri Adhianto dilansir IDN Times, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Viral Polisi Nyamar Jadi Mahasiswa Dipukuli Brimob, Ini Jawaban Polri

1. Pemda Bekasi sudah kantongi identitas pemilik mobil tersebut

Viral Buang Sampah di Kalimalang, Pemilik Mobil Warga Tambun BekasiPelaku Pembuang Sampah di Kalimalang (Dok. IDN Times/Istimewa)

Tri mengungkapkan, pihaknya masih mendalami lokasi titik wilayah kejadian tersebut, karena kota dan kabupaten memiliki kebijakan yang berbeda dalam penindakan oknum pembuangan sampah sembarangan ini.

"Namun kita sudah memegang identitas pemilik mobil tersebut yaitu warga Tambun Selatan (Bekasi) dengan inisial AG, yang kini masih dalam pencarian petugas," imbuh Tri.

2. Masalah sampah memang jadi hantu bagi negeri ini

Viral Buang Sampah di Kalimalang, Pemilik Mobil Warga Tambun BekasiTPA Mandung, Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Tri menambahkan, kondisi ini perlu kesadaran untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Menurutnya, budaya membuang sampah pada tempatnya merupakan budaya yang harus dibangun bersama.

"Masalah sampah memang jadi hantu bagi negeri ini. Lewat berbagai bukti di jagat maya, banyak yang belum meninggalkan kebiasaan membuang sembarangan," ujarnya.

3. Dinas Lingkungan Hidup segera mengecek

Viral Buang Sampah di Kalimalang, Pemilik Mobil Warga Tambun BekasiPelaku Pembuang Sampah di Kalimalang (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kepala Bidang Penataan dan Penegakkan Hukum Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Arnoko mengatakan, akan segera melakukan pengecekan.

"Nanti dicek ke sana, ada bidang pengawasan juga. Saya juga udah forward (teruskan link video ke bagian pengawasan LH), biar nanti dicek sama teman-teman kebersihan," katanya dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: 480 Ribu Warga Kota Bekasi Akan Divaksin COVID-19 pada November 2020

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya