Viral, Ganti Oli di Bengkel Motor Bogor Ujungnya Ditagih Rp2,7 Juta 

Polres Bogor turun tangan datangi bengkel

Jakarta, IDN Times – Sebuah video pengendara sepeda motor yang merasa diperas oleh sebuah bengkel di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, viral di media sosial. 

Dalam narasi video yang beredar, korban kaget diminta biaya perbaikan motor sebesar Rp2,7 juta padahal awalnya hanya ganti oli.

Kapolsek Babakan Madang AKP Susilo Tri Wibowo, membenarkan peristiwa tersebut. Dia menerangkan, kejadian itu berawal saat korban yang hendak berlibur ke kawasan Sentul, motornya mengalami mogok dan memperbaikinya di sebuah bengkel yang bernama Hen’s motor yang berada di wilayah Sentul Kecamatan Babakan Madang, Jum'at 28 April 2023.

Baca Juga: Viral! Anak Menkumham Yasonna Disebut Monopoli Bisnis di Lapas

1. Korban terkejut diminta membayar Rp2,7 juta

Viral, Ganti Oli di Bengkel Motor Bogor Ujungnya Ditagih Rp2,7 Juta Ilustrasi ganti oli/IDN Times-Dhana Kencana

Susilo mengatakan, korban yang bernama Echa dan suaminya tersebut berniat mengganti oli karena motornya kehabisan oli. Namun, mekanik dibengkel tersebut membongkar mesin motor dengan alasan ada masalah. 

"Namun setelah dilakukan pembongkaran korban terkejut karena diminta membayar Rp2,7 juta untuk perbaikan motornya, dengan menunjukkan bon onderdil yang harus diganti," ujarnya dalam keterangan tertulis, dilansir laman resmi Polres Bogor, Rabu (3/5/2023).

2. Korban diminta bayar Rp450 ribu untuk biaya bongkar pasang

Viral, Ganti Oli di Bengkel Motor Bogor Ujungnya Ditagih Rp2,7 Juta ilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Merasa keberatan dengan harga perbaikan yang begitu mahal, korban pun meminta untuk memasang kembali mesin yang telah dibongkar, namun dimintai biaya sebesar Rp450 ribu dengan penjelasan biaya ganti bongkar pasang.

"Karena korban tak mau membayar biaya untuk pemasangan kembali mesin motornya tersebut, akhirnya korban pun memilih mengangkut motornya dengan menyewa mobil pick up," katanya.

"Dan saat korban pergi pun diminta uang sebesar Rp200 ribu sebagai upah mekanik bengkel, korban tidak bersedia," imbuhnya.

Baca Juga: Viral Penumpang Taksi Online Jakarta-Ciawi Tidak Bayar, Berujung Damai

3. Polisi sebut kurang komunikasi

Viral, Ganti Oli di Bengkel Motor Bogor Ujungnya Ditagih Rp2,7 Juta Dok. IDN Times/bt

Susilo mengatakan, pihaknya telah mendatangi bengkel tersebut untuk melakukan klarifikasi terkait kejadian viral itu.

"Dari hasil komunikasi yang kami lakukan dengan pihak bengkel, hal tersebut terjadi karena kurangnya komunikasi saja sejak awal antara konsumen dan pihak bengkel, mengenai pengerjaan bongkar pasang onderdil dari kendaraan yang sudah terlanjur di bongkar tersebut," katanya.

4. Konsumen merasa keberatan dengan harga perbaikan motor yang dinilai terlalu mahal

Viral, Ganti Oli di Bengkel Motor Bogor Ujungnya Ditagih Rp2,7 Juta IDN Times/Musthofa Aldo

Susilo menerangkan, menurut keterangan pemilik bengkel motor tersebut mengalami overheating akibat kehabisan oli mesin, dan kerusakan tersebut sudah dijelaskan berikut tindak lanjut yang harus dilakukan untuk perbaikan motor tersebut dari pihak bengkel kepada pihak konsumen.

Namun, pihak konsumen merasa keberatan dengan harga perbaikan motor yang dinilai terlalu mahal.

"Mengenai hal tersebut kami meminta kepada pihak konsumen yang masih tidak puas perihal kejadian tersebut, bisa mendatangi Polsek Babakan Madang untuk sama-sama menyelesaikan masalah ini, kami tunggu di Polsek Babakan Madang dan kami siap membantu menyelesaikan permasalahan ini," tegasnya.

Topik:

  • Sunariyah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya