Viral Pungli Masuk Trotoar di Dekat DPR, Dishub DKI akan Tertibkan

Trotoar untuk pejalan kaki

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI, Syafrin Liputo, buka suara tentang video viral yang memperlihatkan sejumlah pemuda melakukan pungli pada sepeda motor di trotoar DPR.

Syafrin mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban. 

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kasatpol PP untuk dilakukan penertiban pak ogah yang menyalahgunakan," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga: Dishub DKI Siapkan Ribuan Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran

1. Desain sengaja dibuat landai

Viral Pungli Masuk Trotoar di Dekat DPR, Dishub DKI akan TertibkanKepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Syafrin menegaskan, trotoar yang disalahgunakan para pemuda untuk melakukan pungli dari pengendara motor untuk melintas itu memang didesain landai.

Tujuannya, untuk memudahkan pejalan kaki dalam mengakses trotoar. 

"Untuk hal ini memang desain trotoar dibuat landai untuk memudahkan pejalan kaki dalam mengakses trotoar," kata Syafrin.

Baca Juga: Widih, Dishub DKI Beli Moge Harley Rp6,3 M untuk Kawal Gubernur Baru

2. Jasa masuk trotoar dipatok Rp2 Ribu

Viral Pungli Masuk Trotoar di Dekat DPR, Dishub DKI akan TertibkanOjol dan Pendagang di trotoar dekat gedung DPR RI usai demo 6 Februari 2024 (IDN Times/Irsan Rufai)

Dalam video yang diunggah akun @fakta.jakarta memperlihatkan sejumlah pemuda diduga melakukan pungli kepada pengendara motor yang ingin melintasi trotoar di Jalan Pejompongan Raya, tepat di dekat Gedung DPR, Jakarta Pusat. 

Mereka menutup trotoar dengan barier berwarna oranye dan akan membuka apabila ada pengendara yang membayar. Ada juga yang berperan menerima uang dari pengendara motor dengan menggunakan ember kecil berwarna putih.

"Semua bisa jadi uang bos. Jasa masuk trotoar buka pintu. Motor (membayar) Rp1.000 atau Rp2.000," ucap perekam video. 

Baca Juga: Jakarta Lebaran Fair Digelar 3-21 April 2024, Bertabur Band Papan Atas

3. Kegiatan sudah berlangsung lama

Viral Pungli Masuk Trotoar di Dekat DPR, Dishub DKI akan TertibkanBaliho caleg ambrol di trotoar (IDN TIMES/Rochmanudin)

Dalam keterangan video yang diunggah akun media sosial itu, kegiatan pungli tersebut dilakukan setiap sore hari. Hal ini juga diamini sejumlah warganet yang membanjiri komentar unggahan tersebut 

"Emang begitu tiap sore karena macet," ujar salah satu warganet.

"Setahu gue udah lama kayak gini," imbuh warganet lain.

"Ini mau ke Stasiun Palmerah udah lama kayak gini, gimana nih Dishub DKI, Polda Metro Jaya? Apakah akan dibiarkan terus?" ujar warganet lain.

Baca Juga: Pasar Takjil Benhil Jakarta: Jam Operasional, Rute, dan Tips Membeli

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya