Wahyu Sebut Tak Ada Petinggi Parpol Terlibat Kasus Harun Masiku

Wahyu bebas bersyarat sejak 6 Oktober 2023

Jakarta, IDN Times - Eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan mengatakan tak ada petinggi partai politik yang terlibat dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 dengan tersangka Harun Masiku. Wahyu juga membantah dugaan keterlibatan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam kasus itu. 

"Tidak ada, tidak ada (petinggi partai)" ujarnya di gedung KPK, Kamis (28/12/2023).

Wahyu mengaku, bertemu semua petinggi partai politik saat menjabat sebagai komisioner KPU. Namun, berdasarkan fakta persidangan dalam kasus yang menjeratnya, tak ada keterkaitan dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. 

"Jadi fakta persidangan tidak ada keterkaitan saya dengan Pak Hasto enggak ada, tetapi saya enggak ngerti kalau bukti-bukti, fakta-fakta yang lain, tapi kalau dari saya tidak ada," katanya.

Wahyu Setiawan merupakan terpidana dalam kasus suap tersebut. Ia dipidana karena terbukti menerima suap dari Harun Masiku sebesar 57.350 dolar Singapura. 

Dalam kasus itu, Wahyu divonis enam tahun penjara dan denda Rp150 juta dengan subsider enam bulan kurungan. Eks Komisioner KPU itu sudah bebas bersyarat sejak 6 Oktober 2023.

Baca Juga: KPK Cecar Wahyu Setiawan Puluhan Pertanyaan soal Harun Masiku

Baca Juga: Ditanya Keberadaan Harun Masiku, Wahyu: Kalau Saya Tahu, Saya Tangkap!

Baca Juga: Rumahnya Digeledah KPK, Ini Reaksi Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya