Jakarta Dapat Banjir Kiriman Bogor, Warga Mulai Mengungsi 

Bendung Katulampa Bogor sudah berstatus siaga 1

Jakarta, IDN Times - Hujan yang mengguyur wilayah Bogor pada Kamis (25/4) malam menyebabkan status Bendung Katulampa siaga I dan Pintu Air Depok menjadi siaga I pada Jumat (26/4) pukul 00.43 WIB dini hari.

"Akibat hujan di Bogor sejumlah wilayah di Jakarta pagi ini terkena banjir dengan ketinggian rata-rata 20 cm sampai 170 cm," ujar Kepala UPT Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta M Ridwan kepada IDN Times melalui pesan pendek hari ini. 

Lalu, bagaimana kondisi warga DKI Jakarta usai dikirim banjir susulan? 

1. Sebagian warga masih mengungsi

Jakarta Dapat Banjir Kiriman Bogor, Warga Mulai Mengungsi ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, melalui Pusat Data dan Informasi Kebencanaan hingga pukul 07.00 WIB terdapat 17 titik banjir di sejumlah wilayah Jakarta. Di Jakarta Selatan tepatnya di RW 07 Kelurahan Lenteng Agung, RW. 01 Kelurahan Srengseng Sawah, RW. 01 Kelurahan Pengadegan, RW. 07 Kelurahan Rawajati, RW. 05, 06, 07, 08 Kelurahan Pejaten Timur, dengan ketinggian banjir rata-rata 20 cm sampai dengan 170 cm.

Wilayah Jakarta Timur tepatnya di RW. 02, 05, 08 Kelurahan Cawang, RW. 05 Kelurahan Balekambang, RW. 04, 05, 08 Kelurahan Kampung Melayu, RW. 07, 11 Kelurahan Bidara Cina, dengan ketinggian banjir rata-rata 20 cm sampai dengan 100 cm.

"Sebagian warga di RT 07, 08/RW 01  Kelurahan Pengadegan saat ini mengungsi di Rusun Pengadegan, Jakarta Selatan," ungkap Ridwan.

Baca Juga: BNPB: Banjir Hingga Tsunami, Bencana Alam di Indonesia Paling Komplet

2. Pemprov DKI Jakarta berikan peringatan dini melalui SMS blast

Jakarta Dapat Banjir Kiriman Bogor, Warga Mulai Mengungsi Twiiter/ @bpbd dki jakarta

Pemprov DKI Jakarta kini melakukan berbagai hal untuk menanggulangi banjir yang kini sudah dirasakan oleh warga di ibukota. Pemprov dibantu oleh BPBD DKI. 

"Kami sudah memberikan peringatan dini kepada masyarakat yang berada di bantaran Sungai Ciliwung melalui SMS Blast saat Bendung Katulampa dan Pintu Air Depok mengalami kenaikan status Siaga menjadi Siaga I ," kata Imam.

3. BPBD DKI Jakarta siapkan 133 unit pompa

Jakarta Dapat Banjir Kiriman Bogor, Warga Mulai Mengungsi IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Selain itu, BPBD juga berkoordinasi dengan SKPD terkait yakni Dinas Sumber Daya Air melalui satgas SDA Kecamatan melakukan penyedotan menggunakan pompa dibantu oleh petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan,

"Kami juga telah menyiapkan sebanyak 133 unit pompa mobile dan 465 unit pompa stasioner yang tersebar di 164 lokasi," ujarnya.

4. Belum ada korban jiwa dari banjir susulan Bogor

Jakarta Dapat Banjir Kiriman Bogor, Warga Mulai Mengungsi ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Menurut Ridwan, hingga saat ini belum ada korban jiwa akibat banjir itu. Walau begitu, ia mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi banjir yang terjadi.

"Segera laporkan kejadian bencana atau kegawatdaruratan melalui kanal resmi Pemprov dan BPBD DKI Jakarta melalui Call Center Jakarta Siaga 112 agar dapat segera ditindak lanjuti," kata Ridwan. 

Baca Juga: 3 Kawasan di Jakarta Selatan Banjir, Apa Kabar Turap Ciliwung?

Topik:

Berita Terkini Lainnya