Warning! Dinkes DKI Temukan 12 Kasus Cacar Monyet di Jakarta 

Kasus cacar monyet di Jakarta muncul sepanjang Oktober

Jakarta, IDN Times - Kasus cacar monyet atau monkeypox di ibu kota terus bertambah. Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan kasus atau pasien cacar monyet saat ini sudah mencapai 12 orang. 

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, total kasus cacar monyet di Jakarta sejak ditemukan pada Agustus 2022 ini ada 13 orang.

"Monkeypox DKI Jakarta per 25 Oktober 2023 pukul 09.00, total kasus positif 13 orang terdiri 1 kasus agustus 2022 yang sudah sembuh, dan 12 kasus positif aktif," ujar Ngabila dalam pesan tertulisnya, Rabu (25/10/2023).

1. Sebanyak 12 pasien masih melakukan isolasi

Warning! Dinkes DKI Temukan 12 Kasus Cacar Monyet di Jakarta Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ngabila mengatakan, 13 kasus tersebut terdiri dari satu kasus monkeypox pada Agustus 2022 lalu yang sudah sembuh, satu kasus ditemukan pada 13 Oktober 2023, satu kasus lagi terdeteksi pada 19 Oktober, dan pada 21 Oktober ditemukan 5 kasus. Kemudian 2 kasus pada 23 Oktober, dan 3 kasus pada 24 Oktober.

"Saat ini 12 pasien cacar monyet masih menjalani isolasi mandiri. Salah satu positif hasil dari kontak erat seksual," ujar dia.

Baca Juga: 5 Fakta Vaksin Cacar Monyet, Akan Diberikan pada 500 Orang Prioritas

2. Heru Budi hubungi Menkes atas temuan cacar monyet

Warning! Dinkes DKI Temukan 12 Kasus Cacar Monyet di Jakarta Ilustrasi virus monkeypox atau cacar monyet. (pixabay.com/Gerd Altmann)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku, pihaknya sudah melakukan komunikasi secara intens dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait temuan cacar monyet.

"Saya komunikasi ketat dengan Pak Menkes, jadi saya tahu detail peristiwanya, detail tracing-nya, kami paham," kata Heru usai rapat di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin, 23 Oktober 2023 kemarin.

3. Heru perintahkan Dinkes lakukan tracing

Warning! Dinkes DKI Temukan 12 Kasus Cacar Monyet di Jakarta Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Gedung Irjen Kemendagri, Jumat (29/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru menginstruksikan Dinas Kesehatan menelusuri kontak erat pasien monkeypox untuk mengantisipasi penularan cacar monyet.

"Saya tugaskan bu Dinkes bikin tim tracing, ketemu (kasus baru) salah satunya karena tracing," ujar Heru.

Baca Juga: Warning! Dinkes DKI Temukan 7 Kasus Baru Cacar Monyet  

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya