Wisata Hukum Hadir di Jakut, Ajak Milenial Melek Hukum

Ajak pelajar keliling kejaksaan sampai kepolisian

Jakarta, IDN Times - Forum Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara meluncurkan Wisata Hukum di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (8/9). Hadirnya Wisata Hukum ini menjadi literasi baru bagi generasi milenial untuk sadar terhadap hukum sedari dini.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, menyambut baik inisiasi Kejaksaan Negeri Jakarta Utara yang menghadirkan gagasan awal terhadap pengenalan hukum sedari dini sehingga terwujudnya Wisata Hukum bagi generasi milenial.  

“Baru saja kita luncurkan Wisata Hukum. Ini konsepnya berwisata tapi berisi tentang bagaimana pelajar bisa mengenal hukum sehingga timbul kesadaran hukum sehingga dapat menjauhi potensi-potensi pelanggaran hukum atau menjauhi hukuman,” kata Ali Maulana Hakim dalam siaran tertulis.

1. Wisata hukum memberikan pengalaman baru untuk pelajar

Wisata Hukum Hadir di Jakut, Ajak Milenial Melek HukumIlustrasi (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Ali menjelaskan Wisata Hukum ini merujuk pada kerangka utama dalam menghadirkan Kota Layak Anak (KLA) di Jakarta Utara yang kini menyandang kategori Nindya.

Dengan mengikuti Wisata Hukum, setidaknya pelajar akan memiliki pengalaman baru yang dapat disebarkan kepada teman, keluarga, saudara, maupun tetangga di lingkungan rumah sehingga kesadaran hukum masyarakat Jakarta Utara meningkat.

“Pelajar harus kita kenal hukum, bukan hanya dengan membaca, tapi perlu ada pengalaman bagaimana proses dan tahapan penegakan hukum. Ini juga motivasi kita mewujudkan program pemerintah, Kota Layak Anak, supaya kita benar-benar mengarah ke sana. Kalau Jakarta Utara sudah layak untuk anak, apalagi untuk dewasa,” ungkapnya.

2. Rombongan pelajar akan mengunjungi kejaksaan sampai kepolisian

Wisata Hukum Hadir di Jakut, Ajak Milenial Melek HukumIlustrasi Gedung Kejaksaan Agung (Dokumentasi Kejaksaan Agung)

Di lokasi yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Atang Pujiyanto menerangkan Wisata Hukum ini memantapkan program penyuluhan hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang telah dilakukan sebelumnya.

Rombongan pelajar yang merupakan perwakilan sejumlah sekolah difasilitasi bus untuk mengunjungi kantor penegak hukum seperti Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara, Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, dan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, hingga Lembaga Permasyarakatan.

3.Wisata Hukum ini merupakan penyuluhan hukum

Wisata Hukum Hadir di Jakut, Ajak Milenial Melek HukumJaksa Agung RI Burhanuddin meresmikan Halo JPN atau Jaksa Pengacara Negara, Rabu (25/5/2022). (Dok. Kejaksaan Agung).

Atang menerangkan Wisata Hukum ini merupakan program penyuluhan hukum terhadap anak-anak di sekolah yang sebelumnya bernama program JMS (Jaksa Masuk Sekolah).

“Harapan kami dengan mengikuti Wisata Hukum ini pelajar bisa melihat, mendengar, mengetahui, dan merasakan secara langsung proses penegakan hukum sehingga menjadi pengalaman baru. Sehingga nantinya diharapkan generasi milenial bisa menjauhi hukuman dan memberikan informasi-informasi berkaitan dengan penegakan hukum,” ujar Atang. 

Baca Juga: Berkas 7 Tersangka Obstruction of Justice Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya