Yogyakarta Siap Jadi Tuan Rumah Health Working Group G20 Pertama 

Sebanyak 70 delegasi dari luar negeri akan hadir

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan akan melaksanakan Health Working Group Pertama (HWG 1) pada 28 sampai 30 Maret 2022 mendatang di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertemuan ini akan dilaksanakan secara hybrid. Setidaknya sebanyak 70 orang delegasi luar negeri dan 50 orang peserta lokal akan berpartisipasi secara luring.

“Dari 43 negara dan organisasi internasional yang diundang, sampai saat ini yang sudah menyatakan hadir luring adalah 13 delegasi negara anggota G20 dan organisasi internasional dengan peserta sekitar 70 orang delegasi luar negeri dan 50 orang peserta lokal,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam siara tertulis, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga: Menlu AS Puji Presidensi G20 Indonesia di Isu Kesehatan Global

1. Kemenkes pastikan prokes dilaksanan ketat

Yogyakarta Siap Jadi Tuan Rumah Health Working Group G20 Pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Roma, Italia, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) pada Jumat (29/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kunta menjelaskan pengawasan dan pelaksanaan protokol kesehatan akan dilaksanakan secara ketat selama pelaksanaan HWG. Mulai dari pemakaian masker, mencuci tangan, menjaga jarak, termasuk juga pengaturan penggunaan kapasitas ruangan hingga layanan antigen harian selama pelaksanaan kegiatan.

“Memang ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan, terutama mengenai pengawasan terhadap protokol kesehatan kita akan jaga” ujarnya.

Baca Juga: KTT G20, Jokowi Ajak Semua Negara Perkuat Arsitektur Kesehatan Global

2. Sistem bubble akan diterapkan selama kegiatan

Yogyakarta Siap Jadi Tuan Rumah Health Working Group G20 Pertama Ilustrasi pembatasan wilayah yang merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Dia menerangkan sistem bubble akan diterapkan selama pelaksanaan kegiatan. Ini mengacu pada Surat Edaran Satgas COVID-19 No 6 tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble Pada rangkaian Kegiatan Pertemuan G20 di Indonesia Dalam Masa Pandemi COVID-19

Pengecualian karantina dimulai dari kedatangan delegasi di Jakarta, perjalanan udara menuju Yogyakarta, hingga aktivitas pertemuan di hotel. Semua dilaksanakan dalam koridor peraturan bersama Satgas COVID 19.

Baca Juga: KLHK Akan Bahas Peran Indonesia Selamatkan Lingkungan di G20

3. Akan ada 25 pertemuan di Yogyakarta

Yogyakarta Siap Jadi Tuan Rumah Health Working Group G20 Pertama Ilustrasi G20 (g20-indonesia.id)

Untuk penyelenggaraan acara G20 secara total sepanjang tahun akan dilaksanakan sekitar 150 pertemuan dan 200 side event di 20 lokasi dalam pelaksanaan presidensi G20 di Indonesia. Pertemuan di Yogyakarta sendiri saat ini teridentifikasi sebanyak 25 pertemuan mulai Maret sampai Oktober 2022.

“Sehingga dibutuhkan koordinasi yang baik dari berbagai institusi yang terlibat, seperti Kemenkes, Kementerian penyelenggara, Imigrasi, Keamanan, Pemda dan lain2 agar protokol dan layanan Kesehatan bisa dijalankan dengan baik ” tambah Kunta.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya