Survei LSI: Jokowi-Ma'ruf Amin unggul Telak atas Prabowo-Sandiaga

Keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin merata

Jakarta, IDN Times - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny J.A. memprediksi elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin unggul telak atas Prabowo Subianto-Sandiaga menjelang pemilihan presiden yang akan digelar 17 April mendatang.

"Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dalam kisaran 56,8 sampai dengan 63,2 persen. Sementara elektabilitas Prabowo-Sandi sekitar 36,8 sampai 43,2 persen," kata peneliti senior LSI Denny J.A., Ardian Sopa seperti dikutip dari Antara, Selasa (2/4).

1. Keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin merata di semua kantong pemilih

Survei LSI: Jokowi-Ma'ruf Amin unggul Telak atas Prabowo-SandiagaANTARA FOTO/Agus Salim

Ardian mengatakan, berdasarkan hasil survei, keunggulan Jokowi-Ma'ruf hampir merata di semua kantong pemilih.

Pada pemilih laki-laki Jokowi-Ma'ruf unggul dengan rentang dukungan 54,8 hingga 61,2 persen. Sementara laki-laki yang memilih Prabowo berada di rentang 38,8 hingga 45,2 persen.

Dukungan perempuan terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin juga lebih besar. Pemilih perempuan yang mendukung Jokowi-Ma'ruf berada pada rentang 58,8 hingga 65,2 persen. Sementara perempuan yang mendukung Prabowo-Sandi sebesar 34,8 hingga 41,2 persen.

Baca Juga: Survei PolMark: Jokowi-Ma’ruf Unggul Tipis dari Prabowo-Sandiaga

2. Jokowi-Ma'ruf unggul telak di pemilih muslim dan minoritas

Survei LSI: Jokowi-Ma'ruf Amin unggul Telak atas Prabowo-SandiagaIDN Times/Fitria Madia

Sementara di segmen agama, hasil survei LSI menunjukkan duet Jokowi-Ma'ruf unggul telak di pemilih minoritas dengan rentang dukungan sebesar 55 hingga 61,4 persen. Sementara dukungan terhadap Prabowo-Sandi di segmen ini sebesar 38,6 s.d. 45 persen.

"Di pemilih minoritas, dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf sebesar 74,5 hingga 80,9 persen, sementara dukungan terhadap Prabowo-Sandi hanya sebesar 19,1 sampai dengan 25,5 persen," tuturnya.

3. Kemana larinya suara NU dan Muhammadiyah?

Survei LSI: Jokowi-Ma'ruf Amin unggul Telak atas Prabowo-SandiagaANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Survei LSI juga menyebutkan di segmen pemilih NU, dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf sebesar 62,4 hingga 68,8 persen. Sementara itu rentang dukungan terhadap Prabowo-Sandi pada segmen yang sama sebesar 31,2 hingga 37,6 persen.

Sebaliknya, rentang dukungan warga Muhammadiyah terhadap Prabowo-Sandi sebesar 51,3 hingga 57,7 persen. Pada segmen ini, Jokowi'Ma'ruf hanya mendapat 42,3 hingga 48,7 persen suara.

4. Survei melibatkan 1.200 responden

Survei LSI: Jokowi-Ma'ruf Amin unggul Telak atas Prabowo-SandiagaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Survei LSI Denny JA ini digelar pada 18 hingga 26 Maret 2019 dengan menggunakan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan Margin of error sebesar 2,8 persen.

Baca Juga: Kampanye di Palembang, Jokowi Disambut Karnaval Busana

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya