Ancaman Virus Corona, 188 WNI Kru Kapal World Dream Dipulangkan

WNI kru kapal dijemput TNI AL di dekat Kepulauan Bintan

Jakarta, IDN Times - Kapal pesiar World Dream memulangkan 188 awak Indonesia melalui kapal TNI Angkatan Laut. Operasional kapal jenis cruise tersebut dihentikan sementara akibat virus corona.

"Kami lepas jangkar di perairan internasional di dekat Kepulauan Bintan untuk memindahkan para awak ke kapal TNI AL," kata President of Dream Cruises, Michael Goh, dalam siaran pers yang dilansir dari Antara, Senin (24/2).

Sebagai tindakan pencegahan tambahan, otoritas dari pemerintah Indonesia juga akan mengimplementasikan pemeriksaan kesehatan dan prosedur observasi bagi anggota kru berkebangsaan Indonesia yang dipindahkan.

1. Hasil pemeriksaan terhadap seluruh kru kapal menunjukkan negatif virus corona

Ancaman Virus Corona, 188 WNI Kru Kapal World Dream DipulangkanIlustrasi virus Corona (IDN Times/Mia Amalia)

Michael Goh mengatakan, Dream Cruises telah mengambil keputusan untuk menghentikan sementara kegiatan operasional kapal pesiar World Dream dari Hong Kong sejak Minggu (9/2).

Terkait hal itu, Departemen Kesehatan Hong Kong mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan anggota kru yang berlayar pada pelayaran terakhir telah melalui pemeriksaan kesehatan ekstensif dan pemeriksaan suhu tubuh.

Semua sampel yang diambil dari anggota kru menunjukkan hasil negatif Novel Coronavirus (COVID-19) dan kapal pesiar tersebut telah mendapatkan sertifikasi bebas Coronavirus dari Departemen Kesehatan Pelabuhan di Hong Kong.

Baca Juga: Pemerintah Segera Evakuasi WNI dari Kapal Pesiar Diamond Princess

2. Belum ada laporan penumpang kapal World Dream terinfeksi virus corona

Ancaman Virus Corona, 188 WNI Kru Kapal World Dream DipulangkanDok. Dream Cruises

Semua penumpang yang telah meninggalkan kapal pesiar pada pelayaran terakhir pada 9 Februari 2020 tidak menunjukkan gejala yang terkait dengan infeksi Covid-19 sampai saat ini.

"Kami bermaksud memberikan penegasan bahwa perusahaan telah memelihara standar kebersihan dan sanitasi tertinggi bagi armada perusahaan dan berkomitmen untuk menjaga kesehatan semua penumpang dan anggota kru," kata Michael Goh.

Sebagai hasilnya, belum ada laporan mengenai kasus infeksi Covid-19 di antara para tamu dan anggota kru selama berada di atas kapal pesiar serta tidak ada penularan penyakit melalui kapal pesiar milik Dream Cruises.

3. Dream Cruises memfasilitasi pemulangan para kru kapal dari berbagai belahan dunia

Ancaman Virus Corona, 188 WNI Kru Kapal World Dream DipulangkanKapal pesiar World Dream berlayar usai serah terima awak asal Indonesia dengan kapal TNI-AL (Dok. World Dream)

Sejak operasional kapal dihentikan sementara, tidak ada satu penumpang pun yang berada di atas kapal pesiar. Hal ini merupakan persiapan awal untuk menyambut kegiatan operasional selanjutnya serta mengantisipasi aktivitas dry-dock.

Dream Cruises bekerja sama dengan otoritas regional untuk melakukan fasilitasi perpindahan dan pemulangan para anggota kru pada berbagai belahan dunia mengingat kebangsaan anggota kru yang beraneka ragam, jelas Michael Goh.

Baca Juga: Peneliti Eijkman Jelaskan Lengkap Rahasia Indonesia Kebal Virus Corona

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya