Digadang Jadi Calon Gubernur DKI 2022, Risma: Saya Serahkan pada Tuhan

Risma akan mengakhiri masa jabatan di Surabaya tahun ini

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa jika di kemudian hari dirinya diminta untuk maju dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2022.

Usai meninjau pameran rempah dalam rangkaian Rakernas I dan HUT Ke-47 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (11/1) kemarin, Risma mengatakan belakangan ini dirinya kerap ditanyai oleh berbagai orang soal langkah selanjutnya setelah masa tugas sebagai Wali Kota Surabaya selesai.

"Nanti itu. Tuhan akan mengatur jalan hidup saya. Semua saya serahkan kepada Tuhan. Karena saya sampaikan, saya tidak mau kemudian, saya punya nafsu, mohon maaf di dalamnya ada nafsu kekuasaan. Itu yang saya tidak mau karena itu berat. Makanya, saya gak mau mikir siapa pun yang minta saya," ujar Risma di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Antara.

1. Risma pantang meminta jabatan, karena memangku jabatan sebagai pemimpin itu tugas yang sangat berat

Digadang Jadi Calon Gubernur DKI 2022, Risma: Saya Serahkan pada TuhanWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat ditemui wartawan di kediamannya, Senin, (11/11) IDN Times/Fitria Madia

Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan itu mengaku tidak pernah berpikir tentang peluang jabatan karena setiap jabatan selalu memiliki risiko yang sangat berat. Dia mengatakan, seseorang yang memegang jabatan harus mampu berlaku adil dan amanah.

"Ya, saya terus terang gak pernah berpikir peluang untuk jabatan karena bagi saya itu pantang meminta jabatan karena di jabatan itu selalu terkandung risiko. Saya harus adil, amanah, fatanah, dan sebagainya. Jadi, itu berat karena itu saya gak pernah membayangkan," katanya menegaskan.

Baca Juga: Anggota DPRD DKI Jakarta Berguru ke Walkot Risma untuk Atasi Banjir

2. Megawati memuji kinerja Risma selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya

Digadang Jadi Calon Gubernur DKI 2022, Risma: Saya Serahkan pada TuhanMegawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengapresiasi sejumlah kepala daerah yang telah berbakti kepada daerahnya. Salah satu kepala daerah dari PDIP yang dipuji Megawati adalah Risma.

Risma bersyukur mendapat pujian dari Megawati.

"Saya bersyukur Ibu memuji, artinya sudah menerima apa yang coba saya kerjakan di Surabaya," ucap Risma.

3. Risma juga tak mau buru-buru berpikir bahwa pujian Megawati adalah sinyal kepada dirinya untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta

Digadang Jadi Calon Gubernur DKI 2022, Risma: Saya Serahkan pada TuhanWali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama rombongan Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta saat kunjungan di ruangannya, Jumat (20/12). IDN Times/Fitria Madia

Meski demikian, Risma juga tak mau buru-buru berpikir bahwa pujian Megawati itu adalah sinyal kepada dirinya untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta berikutnya, atau jabatan lain seperti menjadi anggota kabinet.

Risma memilih mengerjakan tugasnya di partai sekaligus menuntaskan jabatannya hingga 2020.

Baca Juga: Fraksi PDIP DKI Beri Sinyal Risma akan Diboyong ke Pilgub Jakarta 2022

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya