Comscore Tracker

Hadir di IdeaFest 2018, Jokowi Minta Kreator Muda Eksekusi Ide-idenya

Jokowi sempat membeli jaket buatan kreator lokal lho!

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo membuka festival kreatif Ideafest 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jumat (26/10). Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan agar gagasan bagus harus segera dieksekusi dengan baik agar dapat mengalahkan kompetitor. 

"Saya juga ingin menyampaikan bahwa 'smart ideas' itu tetap membutuhkan 'smart execution', segera diputus, tapi dengan sebuah kecerdasan. Ide-ide brilian butuh eksekusi yang brilian, ide-ide hanya akan menjadi ide dan akan terlewat jika tidak diiringi 'smart and fast execution'," kata Jokowi.  

Oleh karena itu, Jokowi melanjutkan, kolaborasi menjadi kunci agar ide brilian itu dapat terimplementasi dengan baik.  

"Karena itu mau tidak mau kita harus berkolaborasi. Penting sekali kita berkolaborasi antara perencana dengan pelaksana, antara pemikir dengan 'creator', dengan industri, dengan pemerintah kita harus satu garis, inline, semuanya," terangnya. 

Dalam acara tersebut, Jokowi juga sempat membeli jaket parka warna merah bata yang langsung dipakai sepanjang acara. Jaket itu buatan AMW Rain Coat dari Bandung dan dibeli seharga Rp499 ribu. 

1. IdeaFest 2018 sebagai ajang berinovasi

Hadir di IdeaFest 2018, Jokowi Minta Kreator Muda Eksekusi Ide-idenya(Presiden Jokowi di IdeaFest 2018) Dok. IDN Times/Blibli.com

Jokowi berharap agar Ideafest 2018 dapat menjadi ajang untuk berbagi gagasan, berbagi ide, berinovasi dan akhirnya harus segera dieksekusi. 

"Karena itu saya sampaikan konsolidasi antara sektor moneter, sektor fiskal, sektor industri, dengan pemerintah harus satu jalan, itu yang harus kita kendalikan agar satu jalan," ujarnya. 

Terkait dengan tantangan di bidang pemasaran bagi perusahaan rintisan, dia melihat anak muda Indonesia sudah pandai mencari pasar. 

"Sekarang itu kan anak-anak muda sudah pintar-pintar, lewat 'online store' saya kira mereka sudah jago-jago, tidak usah diajari, pemerintah bagaimana mendukung dengan kebijakan, dengan 'policy' sehingga mereka bisa terdorong agar bisa segera masuk ke betul-betul sektor riil," tambah Jokowi. 

Baca Juga: Hobi Jokowi Belanja Produk Lokal, Mulai dari Jaket Hingga Motor

2. Blibli.com dukung IdeaFest

Hadir di IdeaFest 2018, Jokowi Minta Kreator Muda Eksekusi Ide-idenya(Jokowi membeli jaket dalam pameran Ideafest 2018 di JCC, Senayan, Jakarta) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Blibli.com hadir dan mendukung penuh festival kreatif tahunan IdeaFest yang resmi digelar pada hari ini. Blibli.com sebagai official e-commerce pada IdeaFest 2018 akan menyediakan Blibli O2O Market, sesi inspirasi IdeaTalk, dan Live Mannequin.   

“Sebagai e-commerce lokal, Blibli.com memiliki semangat mencari dan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) kreatif dan inovatif agar masuk menjadi bagian dari ekonomi kreatif nasional. Meskipun kontribusi e-commerce terhadap ritel nasional masih kurang dari 2%, tetapi ada perubahan perilaku belanja orang Indonesia yang cukup signifikan, sehingga kami yakin ke depan e-commerce dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com, Lani Rahayu, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

3. Tampilkan finalis The Big Start Indonesia

Hadir di IdeaFest 2018, Jokowi Minta Kreator Muda Eksekusi Ide-idenya(Presiden Jokowi di IdeaFest 2018) Dok. IDN Times/Blibli.com

Area Blibli.com O2O Market bertempat di Assembly Hall 2 JCC menampilkan berbagai produk asli lokal dari para finalis The Big Start Indonesia (TBS) Season 3 yang telah dikurasi. Pengunjung dapat melihat langsung dan berbelanja selama IdeaFest 2018 berlangsung.   

Selain itu, instalasi seni (art installation) dan live mannequin perancang mode lokal Monstore dan Wellborn yang bekerja sama eksklusif bersama Blibli.com juga hadir. 

The Big Start Indonesia (TBS) merupakan kompetisi tahunan berupa pencarian pengusaha kreatif muda terbaik berhadiah terbesar di Indonesia. Kompetisi tahunan yang saat ini telah mencapai seleksi Top 20 Finalist ini mengusung semangat “Buktikan Pada Mereka” mengajak para pengusaha kreatif dapat naik kelas, melalui kesempatan IdeaTalk pada Jumat 26 Oktober 2018, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina akan menjelaskan lebih jauh tentang The Big Start Indonesia bersama Bagus Rochadiat dan Iwet Ramadhan masing-masing selaku mentor dan project collaborator di The Big Start Indonesia Season 3. 

Saat ini serial web (web series) video karantina Top 20 Finalist The Big Start Indonesia Season 3 bisa disaksikan di akun Youtube Blibli.com dengan membuka link blibli.com/thebigstart3. 

Baca Juga: IdeaFest 2018 Bakal Dihadiri Sosok Inspiratif Lho!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya