Tanggapi Hasil Quick Count, Ini Kata Jubir TKN dan BPN

Kubu Jokowi mengimbau agar pendukung tak cepat terlena

Jakarta, IDN Times - Hasil quick count atau hitung cepat dari sejumlah lembaga survei terkait hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 rata-rata sudah mencapai di atas 90 persen.  Calon presiden dan calon wakil presiden petahana, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin masih memimpin perolehan suara sementara.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Dedek Prayudi mengatakan, penting bagi masyarakat untuk 'melek' dengan metodologi survei. Sebab, menurutnya, quick count adalah metodologi yang paling akurat digunakan, sehingga tak menutup kemungkinan hasil hitung cepat saat ini yang belum mencapai 100 persen akan sama dengan hasil akhir.

"Karena saya juga peneliti kualitatif, sampelnya quick count itu TPS, sekali ambil berapa orang yang kena untuk dapat mewakilkan," katanya saat menjadi narasumber di acara Millennials Memilih Edisi Spesial Pemilu 2019 di kantor IDN Media, Rabu (17/4).

Meski optimis, Dedek mengimbau agar pendukung tak merayakan terlalu cepat. Sebab, pihak Jokowi harus tetap menunggu hasil real count dari KPU.

"Tapi sih biasanya akan beda tipis," jelasnya.

Sementara itu, Nada Alichiah selaku Juru Debat BPN mengatakan, dirinya masih optimis terhadap kemenangan pasangan Prabowo-Sandi, sebab hasil form C1 yang dia terima menunjukkan angka yang masih bisa bersaing.

"Sejauh ini dari form c1 yang masuk ke saya, yang terendah ada di TPS 28 di daerah Tebet, bedanya tipis banget 20 hingga 30 suara," katanya.

Sebagai tambahan informasi, hingga saat ini berdasarkan quick count Litbang Kompas suara yang sudah masuk 80,25 persen, Jokowi dan Ma'ruf unggul 54,15 persen, sementara Prabowo dan sandi mendapat suara sebanyak 48,51 persen.

 

Laporan: Auriga Agustina

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya