Tingkat Kepatuhan Warga DKI dalam Berlalu Lintas Naik 8 Persen

Pada 2019, ditargetkan tingkat kepatuhan meningkat 20 persen

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tingkat kepatuhan berlalu lintas di Jakarta pada 2018 meningkat delapan persen, sedangkan problem overloading turun 18 persen.

"Kita berharap di tahun ini peningkatan kepatuhan juga akan lebih tinggi lagi. Kalau delapan persen (2018), mudah-mudahan sekarang bisa lebih tinggi lagi," kata Anies usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lintas Jaya 2019 di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Antara, Senin (11/2).

1. Tingkat kepatuhan tahun ini ditargetkan naik 20 persen

Tingkat Kepatuhan Warga DKI dalam Berlalu Lintas Naik 8 PersenANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menargetkan tingkat kepatuhan masyarakat berlalu lintas bisa naik 20 persen. Anies optimistis target ini dapat tercapai.

"Kita harap itu bisa tercapai dan ketertiban menjadi penting, karena ketertibannya mengantarkan kepada keselamatan," kata Anies.

2. Risiko kecelakaan tinggi akibat ketidakpatuhan

Tingkat Kepatuhan Warga DKI dalam Berlalu Lintas Naik 8 PersenDok.IDN Times/Istimewa

Anies menginginkan semua warga berangkat dari rumah ke tempat tujuan dan kembali ke rumah dalam keadaan selamat. Risiko kecelakaan di jalan sangat tinggi, akibat ketidakpatuhan. Dari mulai ketidakpatuhan pada ambang batas kecepatan, sampai ketidakpatuhan pada rambu-rambu lalu lintas.

"Itu semua bisa berdampak kepada keselamatan. Padahal kita tahu dalam urusan berjalan di jalan raya ada tiga hal yang penting satu keselamatan, dua keselamatan tiga keselamatan. Tiga-tiganya itulah yang harus menjadi pegangan kita," kata Anies.

Baca Juga: Sebulan Terjadi 662 Kasus DBD di DKI, Apa Langkah Anies Baswedan?

3. Kecepatan kendaraan dalam berlalu lintas disorot

Tingkat Kepatuhan Warga DKI dalam Berlalu Lintas Naik 8 PersenIDN Times/Amelinda Zaneta

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengatakan bahwa ketaatan menjadi kunci. Ia pun menyoroti kecepatan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, yang belakangan sudah mengkhawatirkan.

"Bila kecepatan yang ditinggikan, akan bisa menjadi alat pemindah nyawa, dari alam dunia ke alam yang lainnya, karena itu kecepatan menjadi satu isu yang harus kita kelola dengan baik," katanya.

4. Petugas operasi lalu lintas diharapkan lebih persuasif

Tingkat Kepatuhan Warga DKI dalam Berlalu Lintas Naik 8 PersenAntara FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam apel tersebut, Anies juga sampaikan kepada semua petugas untuk menjalankan Operasi Lintas Jaya ini dengan tegas, disiplin dan beradab, manusiawi serta persuasif.

"Hal ini bukan saja menyangkut ketertiban tapi juga perilaku. Itu harapannya dan mudah-mudahan operasinya berjalan dengan sukses," kata Anies.

Apel yang digelar bersama-sama antara aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yaitu Dinas Perhubungan dengan TNI dan Kepolisian yang dilaksanakan setiap tahun.

Baca Juga: Pesan Anies Saat Kunjungi Wihara Dharma Bakti di Hari Raya Imlek

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya