BPKH Salurkan Alkes dan APD ke Berbagai RS untuk Tanggulangi Covid-19

Total bantuan senilai Rp10 miliar

Makassar, IDN Times - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) turut serta membantu menanggulangi pandemik Covid-19 dengan memberikan bantuan berupa alat kesehatan (alkes) dan alat pelindung diri (APD) melalui mitra kemaslahatan seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Dhuafa (DD).

Bantuan diberikan salah satunya kepada RS UNHAS Makassar dan RS Wahidin Sudirohusodo, Sulawesi Selatan, masing-masing senilai Rp2 miliar dan Rp1,150 miliar untuk penyediaan alih fungsi ruang isolasi, ventilator, hepafilter, dan X-Ray portable melalui Baznas. 

1. BPKH mengapresiasi tinggi tenaga medis yang menjadi garda terdepan menanggulangi penyebaran Covid-19

BPKH Salurkan Alkes dan APD ke Berbagai RS untuk Tanggulangi Covid-19Ilustrasi tenaga medis dengan APD lengkap (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji, Abdul Hamid Paddu, mengapresiasi tinggi tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Abdul Hamid Paddu juga berharap agar semua pihak disiplin dalam menjalankan arahan pemerintah, seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penerapan menjaga jarak, serta berperilaku hidup bersih dan sehat.
“Bekerja, beribadah, dan belajar dari rumah saja sebab tingkat keterpaparan masyarakat terhadap Covid-19 masih tinggi,” ujarnya.

2. Bantuan alkes dan APD diserahkan kepada Gubernur Sulawesi Selatan

BPKH Salurkan Alkes dan APD ke Berbagai RS untuk Tanggulangi Covid-19IDN Times/BPKH

Bantuan alkes dan APD tersebut diserahkan di Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan oleh Abdul Hamid Paddu selaku anggota Dewan Pengawas BPKH bersama Syamsuniang yang merupakan anggota Komisi VIII DPR RI kepada Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Bantuan juga disaksikan oleh Direktur RS Unhas Makassar dan RS Wahidin Sudirohusodo. 

3. Pemberian bantuan merupakan bagian dari Program Kemaslahatan BPKH untuk membantu menanggulangi Covid-19

BPKH Salurkan Alkes dan APD ke Berbagai RS untuk Tanggulangi Covid-19IDN Times/BPKH

Pemberian bantuan tersebut merupakan bagian dari Program Kemaslahatan BPKH untuk membantu menanggulangi Covid-19. Sebelumnya BPKH juga telah memberikan bantuan senilai Rp6,5 miliar yang diberikan kepada 2 RS, yakni RS Haji, Jakarta, dan RS Syarif Hidayatullah, Tangerang, Banten. 

Total nilai bantuan yang disalurkan BPKH untuk alkes dan APD yang bekerja sama dengan mitra kemaslahatan sebesar Rp10 miliar ini berasal dari nilai manfaat yang didapat dari hasil kelolaan Dana Abadi Umat (DAU) sesuai Pasal 17 UU No 34 Tahun 2014. 

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya