Pastikan Layanan JKN, Direksi-Dewas BPJS Kesehatan Terjun Langsung

Kegiatan ini salah satu rangkaian HUT ke-55 BPJS Kesehatan

Jakarta, IDN Times -- Dalam rangka memperingati HUT ke-55 BPJS Kesehatan, seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan turun langsung memastikan  pelayanan peserta JKN berjalan dengan baik hingga pelosok negeri melalui kegiatan Direksi-Dewan Pengawas Melayani (DIANI).

Anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Iftida Yasar, berkunjung ke Kota Bima demi memastikan kelancaran pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Program JKN. Antusias dari peserta yang hadir sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan DIANI tersebut sehingga dapat berinteraksi dan mendapatkan langsung masukan dan solusi dari jajaran Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

“Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran peserta terhadap manfaat dan pentingnya program JKN. Selain itu, juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap prosedur, hak, dan kewajiban peserta terhadap Program JKN,” ujar Iftida.

1. BPJS Kesehatan juga menghadirkan layanan jemput bola melalui Mobile Customer Service (MCS)

Pastikan Layanan JKN, Direksi-Dewas BPJS Kesehatan Terjun Langsungilustrasi konsultasi menggunakan BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Upaya transformasi mutu layanan terus digaungkan BPJS Kesehatan untuk menghadirkan wajah baru pelayanan yang lebih mudah, lebih cepat, dan semua setara. Langkah ini dilakukan agar seluruh peserta JKN bisa merasakan pelayanan yang optimal.

“Dalam kegiatan DIANI yang dilaksanakan di kantor Wali Kota Bima ini, BPJS Kesehatan juga menghadirkan layanan jemput bola melalui Mobile Customer Service (MCS) atau BPJS Keliling. Lewat kegiatan  tersebut, peserta dapat mengakses pelayanan, dimulai  dari administrasi, pembayaran iuran, pemberian informasi dan penanganan pengaduan (PIPP),” ujar Iftida.

Adapun inovasi berbasis digital lainnya yang dihadirkan BPJS Kesehatan demi memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN, seperti melalui BPJS Kesehatan Care Center 165, Aplikasi Mobile JKN, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN  (VIKA), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), hingga cara mengirimkan direct message di media sosial resmi BPJS Kesehatan.

“Terbaru, BPJS Kesehatan merilis fitur i-Care JKN untuk memberikan kemudahan akses kepada fasilitas kesehatan. Tujuannya adalah untuk melihat riwayat pelayanan kesehatan peserta JKN selama satu tahun terakhir. Dengan adanya akses terhadap riwayat pelayanan sebelumnya,  dokter dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan tepat kepada peserta JKN," ujarnya. 

Baca Juga: Buah Kerja Keras, BPJS Kesehatan Gelontorkan Klaim Rp113,47 Triliun

2. Dewan Pengawas BPJS Kesehatan juga melakukan kegiatan SiBLing (Supervisi, Buktikan, dan Lihat Langsung)

Pastikan Layanan JKN, Direksi-Dewas BPJS Kesehatan Terjun LangsungIlustrasi pelayanan BPJS Kesehatan. (Dok. BPJS Kesehatan)

Setelah kegiatan DIANI, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan juga melakukan kegiatan SiBLing (Supervisi, Buktikan, dan Lihat Langsung) ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan rumah sakit di Kota Bima. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pemantauan yang dilakukan kepada seluruh mitra fasilitas kesehatan terhadap komitmen yang diberikan dalam pemberian layanan terhadap peserta JKN.

“Pemantauan tersebut dilakukan dengan melihat Janji Layanan yang tersedia di mitra fasilitas kesehatan. Adapun Janji Layanan JKN tersebut, antara lain, fasilitas kesehatan tersebut menerima nomor induk kependudukan (NIK) yang tercantum di kartu tanda penduduk (KTP)/KIS digital sebagai syarat pendaftaran pelayanan, tidak meminta dokumen fotokopi kepada peserta, memberikan pelayanan tanpa biaya tambahan di luar ketentuan, dan tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien sesuai dengan indikasi medis hingga melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi,” kata Iftida menjelaskan.

3. BPJS Kesehatan juga menggelar Senam Sehat Prolanis bagi peserta lanjut usia

Pastikan Layanan JKN, Direksi-Dewas BPJS Kesehatan Terjun LangsungIlustrasi senam lansia (Medium.com)

BPJS Kesehatan juga menggelar Senam Sehat Prolanis bagi peserta lanjut usia. Dalam kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan juga melakukan edukasi dan membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi peserta klub Prolanis.

Sementara itu, Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi saat bertemu dengan anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan mengatakan bahwa kerja sama antara Pemerintah Kota Bima dengan BPJS Kesehatan Cabang Bima selama ini sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya Program JKN sangatlah membantu bagi masyarakat.

"Dan alhamdulillah pelayanan BPJS Kesehatan juga semakin memudahkan peserta, sekarang ini. Seperti apa yang disampaikan oleh Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, bahwa masyarakat yang ingin berobat ke fasilitas kesehatan cukup memperlihatkan NIK/kartu tanda penduduk (KTP) saja. Selama kepesertaannya aktif, langsung dapat dilayani, tidak ada lagi permintaan fotokopi berkas, dan lain sebagainya. Semoga ke depannya semakin ditingkatkan layanannya sesuai dengan Janji Layanan yang sudah disampaikan bersama fasilitas kesehatan," katanya. (WEB)

Baca Juga: Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RS Ini Siap Berikan Layanan Terbaik

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya