Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RS Ini Siap Berikan Layanan Terbaik

Keberadaan RSOJ ini dibutuhkan masyarakat timur Indonesia

Jakarta, IDN Times -- Setelah resmi bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) Pertamina Royal Biringkanaya Makassar siap melaksanakan janji layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya Muhammad Ahsan saat menerima supervisi Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, Sabtu (17/6/2023).

Ghufron yang mempimpin langsung supervisi mengaku sangat terkesan dengan sumber daya sarana yang modern. Tidak hanya itu, di ruang pelayanan administrasi dan pelayanan kesehatan memberikan nuansa nyaman.

Bagi Ghufron, kebijakan Pertamina untuk mendirikan rumah sakit khusus otak dan jantung di Makassar merupakan sebuah langkah yang tepat, mengingat Makassar merupakan pusat transit transportasi udara yang menghubungkan Indonesia bagian tengah dengan Indonesia bagian timur. Efek positifnya, peserta JKN yang secara indikasi medis harus mendapatkan layanan spesialistik, bisa lebih efisien dalam hal waktu, tenaga, dan biaya.

"Hal ini sejalan dengan transformasi mutu layanan yang sedang digalakkan oleh BPJS Kesehatan, melalui pelayanan yang lebih mudah, lebih cepat, dan setara," ujar Ghufron.

1. Peralatan yang modern dan kenyamanan sumber daya sarana harus diikuti dengan penerapan pelayanan prima

Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RS Ini Siap Berikan Layanan TerbaikBekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) Pertamina Royal Biringkanaya Makassar siap melaksanakan Janji Layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Dok. BPJS Kesehatan)

Ghufron menuturkan bahwa dengan peralatan yang modern dan kenyamanan sumber daya sarana, harus diikuti dengan penerapan pelayanan prima kepada peserta JK. Selain itu, juga menerapkan kepatuhan terhadap regulasi-regulasi Program JKN dengan penuh tanggung jawab.

"Jika pelayanan prima dan kepatuhan regulasi JKN diterapkan secara ketat, kami yakin tidak akan pernah terjadi diskriminasi-diskriminasi tertentu kepada peserta JKN di RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya," katanya.

RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya merupakan perpanjangan tangan BUMN di bidang kesehatan, kerja sama dengan BPJS Kesehatan merupakan bagian dari perwujudan terciptanya masyarakat Indonesia sehat dalam mendukung keberlangsungan Program JKN.

Pernyataan Ghufron diamini oleh Muhammad Ahsan, yang mengatakan bahwa RSOJ dibentuk menjadi rumah sakit rujukan nasional terutama wilayah timur Indonesia di bidang  jantung, pembuluh darah dan otak serta sistem persarafan.

Baca Juga: Dirut BPJS Kesehatan Tegaskan Fokus Peningkatan Mutu Layanan JKN

2. Supervisi yang dilakukan menambah semangat manajemen dan seluruh karyawan RSOJ Pertamina untuk memenuhi janji layanan JKN

Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RS Ini Siap Berikan Layanan TerbaikDirektur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, melakukan supervisi terhadap RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya Makassar, Sabtu (17/6/2023). (Dok. BPJS Kesehatan)

Pada kesempatan ini, Muhammad Ahsan mengucapkan terima kasih atas supervisi yang dipimpin langsung oleh orang nomor satu di BPJS Kesehatan. Perhatian dan dukungan ini menambah semangat manajemen dan seluruh karyawan untuk memenuhi janji layanan JKN, melalui asas-asas pelayanan prima.

"Suatu kehormatan dan kebanggaan mendapat apresiasi yang begitu besar dan istimewa. Sekaligus komitmen bagi kami semua untuk memberikan layanan yang sesuai standar, berkualitas, dan nyaman bagi peserta JKN tanpa diskriminasi," ujarnya.

Ahsan menambahkan, RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya sebagai fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FkRTL) juga dapat melayani rawat jalan, rawat inap, instalasi gawat darurat, dan pemeriksaan penunjang bahkan sampai beberapa tindakan spesialisasi.

"Kami juga melayani pelayanan, seperti jantung dan pembuluh darah, saraf, penyakit dalam, anak, obgyn, THT, mata, saraf, paru, gigi, gizi, rehabilitasi medik, bedah umum, bedah vaskular, bedah thoraks dan kardiovaskular, serta bedah saraf dan bedah ortopedi," kata Ahsan menjelaskan.

3. Peserta JKN yang berada di kawasan Indonesia bagian timur lebih mudah mengakses RS berkualitas

Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RS Ini Siap Berikan Layanan Terbaikilustrasi BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ahsan melanjutkan, peserta JKN yang berada di kawasan Indonesia bagian timur, khususnya yang berada di Sulawesi Selatan, tidak perlu lagi harus jauh-jauh ke Pulau Jawa, bahkan keluar negeri.

“Apalagi, harus sampai menunggu antrean yang lama untuk melakukan tindakan medis yang berkaitan dengan otak dan jantung, seperti contoh CABG atau bypass bedah jantung terbuka, kateterisasi jantung, gangguan persarafan dan operasi bedah saraf. Dengan begitu, kami siap melayani seluruh masyarakat, termasuk peserta JKN,” kata Ahsan.

Ahsan berani menjamin bahwa komitmen RSOJ Pertaminan Royal Biringkanaya tidak hanya sebatas slogan, tetapi berusaha untuk bisa mewujudkan mutu layanan yang lebih mudah, lebih cepat, dan setara dengan suasana yang nyaman dan ramah kepada seluruh masyarakat yang memanfaatkan layanan kesehatan di RSOJ PRB.

"Kami unggul dan siap memberikan yang terbaik terhadap pelayanan otak dan jantung seperti kateterisasi jantung (cath lab), percutaneous coronary intervention (PCI), coronary artery bypass graft (CABG) atau bedah jantung terbuka, endovenous laser ablation (EVLA), operasi tumor otak, craniotomy, cranioplasty," ujarnya.

Selain yang disebut Ahsan di atas, RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya juga siap memberikan pelayanan untuk kasus suturectomy, laminectomy, VP-Shunt, bedah minimal invasif/pain management. Juga terdapat pemeriksaan penunjang, seperti CT Scan 128 Slice dan MRI 1,5 Tesla yang terbaru dan canggih.

"Terima kasih juga kami ucapkan kepada BPJS Kesehatan Cabang Makassar dan Kepwil IX yang selama ini telah memberi dukungan yang baik melalui koordinasi dan komunikasi yang konstruktif dan solutif. Dengan begitu, kami juga dapat melayani peserta JKN dengan maksimal," katanya. (WEB)

Baca Juga: Berkat Komunikasi Publik Baik, BPJS Kesehatan Sabet 2 Penghargaan Ini

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya