Penuhi Kebutuhan Air, Freeport dan Perumda Giri Tirta Jalin Kerja Sama

Pasokan air demi kegiatan operasional Smelter Manyar

Jakarta, IDN Times -- PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta Kabupaten Gresik menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) jual beli air di Gresik, Jawa Timur, pada Jumat (24/2/2023). Nota kesepahaman tersebut membahas kerja sama pasokan air untuk kegiatan operasional Smelter Manyar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen PTFI untuk memprioritaskan potensi daerah, termasuk melibatkan perusahaan umum daerah (perumda) dalam memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan dan operasional Smelter Manyar.

1. Bupati Gresik mengapresiasi dukungan Freeport dalam mendorong perkembangan ekonomi Gresik

Penuhi Kebutuhan Air, Freeport dan Perumda Giri Tirta Jalin Kerja SamaBupati Gresik, Fandi Akhmad Yani alias Gus Yani. Instagram.com/fandiakhmadyani

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam pembukaan acara penandatanganan nota kesepahaman menyatakan sangat mengapresiasi dukungan PTFI selaku pihak swasta dalam mendorong perkembangan ekonomi Gresik melalui kemitraan dan pemberdayaan perusahaan daerah. 

Sementara, Presiden Direktur PTFI Tony Wenas menyebut, kerja sama ini bukan hanya memberikan manfaat berupa pasokan air bagi operasi Smelter Manyar, melainkan juga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Dampak positif bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui dukungan bisnis terhadap perusahaan daerah,” ujar Presiden Direktur PTFI Tony Wenas pada acara penandatanganan nota kesepahaman.

Baca Juga: Pipa Konsentrat Freeport Bocor di Mile 34, Warga Langsung Berdatangan

2. PT Freeport Indonesia berkomitmen untuk merangkul para pelaku bisnis daerah

Penuhi Kebutuhan Air, Freeport dan Perumda Giri Tirta Jalin Kerja SamaIlustrasi kegiatan penambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) (Dok. Freeport)

Dalam nota kesepahaman, Perumda Giri Tirta akan menyediakan kebutuhan pasokan air Smelter Manyar. Untuk dapat mengalirkan pasokan air tersebut, Perumda Giri Tirta bekerja sama dengan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) dalam membangun jaringan pipa air menuju area smelter PTFI di Manyar.

“Kami mengapresiasi komitmen PTFI untuk merangkul para pelaku bisnis daerah untuk memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan dan operasional Smelter Manyar. Kerja sama ini membantu kami mengembangkan potensi PDAM Giri Tirta bagi pemenuhan kebutuhan air untuk Kabupaten Gresik,” kata Direktur Utama Giri Tirta Kurnia Suryandi dalam kesempatan yang sama.

3. Progres pembangunan Smelter Manyar hingga akhir Januari 2023 telah mencapai 54,5 persen

Penuhi Kebutuhan Air, Freeport dan Perumda Giri Tirta Jalin Kerja SamaGroundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik, Selasa (12/10/2021).

Sebelumnya, PTFI juga telah bekerja sama dengan berbagai pelaku bisnis lokal untuk memenuhi berbagai kebutuhan aktivitas konstruksi smelter Manyar, termasuk di antaranya kebutuhan konsumsi, office supply, transportasi, tenaga kerja, dan jasa konstruksi.

Progres pembangunan Smelter Manyar hingga akhir Januari 2023 telah mencapai 54,5 persen dari rencana 52,9 persen yang ditargetkan. (WEB)

Baca Juga: Komisi VI DPR Kunjungi Smelter Manyar, Proyek Terbaru Freeport

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya