Ekspansi Pasar Internasional, PIS Tambah Armada Senilai 32,5 Dolar AS

Satu strategi investasi PIS untuk meningkatkan market share

Jakarta, IDN Times -- PT Pertamina International Shipping (PIS) menambah armadanya dengan pembelian kapal tanker medium range (MR) yang akan dioptimalkan untuk ekspansi bisnis potensial di pasar internasional.

“Kapal tanker MR dengan kapasitas muatan mencapai 40.000 MT ini diberi nama oleh PIS menjadi PIS Sumatera. Penamaan diambil dari nama salah satu pulau di Indonesia, dengan tujuan untuk mempromosikan pulau-pulau di Indonesia saat kapal PIS berlayar di perairan mancanegara,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi, Senin (17/7/2023). 

1. PIS Sumatera merupakan langkah strategis PIS untuk meningkatkan market share PIS

Ekspansi Pasar Internasional, PIS Tambah Armada Senilai 32,5 Dolar ASKapal tanker MR dengan kapasitas muatan mencapai 40.000 MT ini diberi nama oleh PIS menjadi PIS Sumatera. (Dok. Pertamina)

Yoki menjelaskan, penambahan armada kapal ini merupakan salah satu strategi investasi PIS untuk meningkatkan market share PIS, terutama di luar negeri. Kapal baru milik PIS ini dikelola oleh anak usaha PIS, yakni PIS Asia Pacific.

Perjanjian pembelian kapal yang bernilai sebesar US$32,5 juta ini ditandatangani oleh Managing Director PIS Asia Pacific (AP) Muhamad Resa dengan Asset Management Director Scorpio Tanker Inc Demetris Nenes di Singapura, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Ini Komitmen Kilang Pertamina Capai Target Net Zero Emission

2. Memiliki kapabilitas untuk mengangkut kargo chemical dan clean product Petroleum

Ekspansi Pasar Internasional, PIS Tambah Armada Senilai 32,5 Dolar ASKapal yang dioperasikan PT Pertamina International Shipping (PIS). (Dok. PIS)

PIS Sumatera memiliki kapabilitas untuk mengangkut kargo chemical dan clean product Petroleum. Kapal ini diserahkan dari PIS ke anak usahanya, yakni PIS AP untuk dioperasikan dan dikomersialisasikan.

Penempatan kapal PIS Sumatera ke PIS AP merupakan salah satu upaya pengembangan pasar non-captive internasional.

3. PIS terus berupaya mengembangkan lini bisnis untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan marine logistik terkemuka di Asia

Ekspansi Pasar Internasional, PIS Tambah Armada Senilai 32,5 Dolar ASKapal yang dioperasikan PT Pertamina International Shipping (PIS). (Dok. PIS)

Di mana, sebelumnya PIS AP telah memiliki pengalaman mengomersialisasikan kapal PIS, seperti si kembar Pertamina Pride dan Pertamina Prime, PIS Polaris, PIS Paragon, dan lainnya yang sukses disewa oleh pemain global. 

“Dengan strategi bisnis yang semakin matang, PIS akan terus berupaya mengembangkan lini bisnisnya untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan marine logistik terkemuka di Asia dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Yoki. (WEB)

Baca Juga: Promo Cashback Beli BBM Pertamina di SPBU sampai 19 Juli 2023

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya