BPDPKS Gelar Gebyar UKMK Berbasis Sawit di Palembang

Banyak banget program BPDPKS untuk UKMK!

Palembang, IDN Times - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) kembali mengadakan kegiatan Gebyar UKMK (Usaha Kecil Mikro dan Koperasi) berbasis sawit dalam mendukung UKMK Sawit Go International di Palembang pada 29 September sampai 1 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan ke dua setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta pada akhir Juli 2023.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh UKMK Mitra BPDPKS yang merupakan UKMK sawit mewakili Asosiasi Petani Sawit, yaitu dari ASPEKPIR, Apkasindo, Apkasindo Perjuangan, SPKS dan Samade.

Beberapa UKMK seperti, Santriprenur UKMK Sawit, UKM Sawit Pemuda Muhamadiyah, UKM Batik Sawit termasuk mitra UKM dari berbagai Perguruan Tinggi. Rangkaian kegiatan meliputi Pameran UKMK Sawit, Talkshow, Lomba Sawit dan hiburan untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit.

1. Acara dihadiri banyak figur penting hingga ketua asosiasi

BPDPKS Gelar Gebyar UKMK Berbasis Sawit di PalembangBerbagai figur penting menghadiri Gebyar UKMK berbasis Sawit dalam mendukung UKMK Sawit Go International di Palembang. (Dok. BPDPKS)

Dalam seremoni pembukaan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sumatera Selatan (Amirudin), Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sumatera Selatan (Lidia Kurniawati Christiyana).

Acara juga dihadiri oleh Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Direktur Keungan Umum Kepatuhan dan Manajemen Risiko BPDPKS (Zaid Burhan Ibrahim), Kepala Divisi UKMK BPDPKS (Helmi Muhansyah), Kepala Divisi Umum dan Sumber Daya Manusia BPDPKS (Adi Sucipto), Perwakilan Dinas di Provinsi Sumatera Selatan , Ketua-ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Sumatera Selatan, Perwakilan UKMK Sumatera Selatan, Media Massa dan Mahasiswa.

Baca Juga: BPDPKS dan Aspekpir Kolaborasi Kembangkan UMKM Kelapa Sawit

2. Misi wujudkan pengembangan sawit berkelanjutan

BPDPKS Gelar Gebyar UKMK Berbasis Sawit di PalembangSalah satu booth dan produk UKMK dalam Gebyar UKMK berbasis Sawit dalam mendukung UKMK Sawit Go International di Palembang. (Dok. BPDPKS)

BPDPKS memiliki misi dalam menjalankan kebijakan Pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan, dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna, secara profesional dan akuntabel, untuk kepentingan:

  • Pengembangan Sumber Daya Manusia;
  • Penelitian dan Pengembangan;
  • Promosi;
  • Peremajaan;
  • Sarana dan Prasarana;
  • Pemenuhan Kebutuhan Pangan;
  • Hilirisasi Industri Perkebunan Kelapa Sawit;
  • Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati.

Kinerja BPDPKS didasarkan pada kemampuan menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana. Dana yang disalurkan akan memberikan dampak bagi peningkatan kinerja sektor sawit Indonesia.

Dalam struktur organisasi BPDPKS juga terdapat direktorat yang memilliki tugas dalam menjalankan kegiatan kemitraan. Salah salah satunya adalah menjalankan fungsi kemitraan dengan (UKMK) Usaha Kecil Menengah dan Koperasi.

3. Berbagai kegiatan dan apresiasi UKMK BPDPKS

BPDPKS Gelar Gebyar UKMK Berbasis Sawit di PalembangSalah satu booth dan produk UKMK dalam Gebyar UKMK berbasis Sawit dalam mendukung UKMK Sawit Go International di Palembang. (Dok. BPDPKS)

Pada tahun 2023 sd Agustus 2023 berbagai kegiatan kemitraan UKMK BPDPKS telah dilakukan sebanyak 43 kegiatan antara lain

  • Pameran dan Talkshow Sinergi Pemberdayaan UKMK Kemenkeu Satu di Sektor Kelapa Sawit  di Kalbar, Kalteng dan Kalsel
  • Partisipasi Pameran Produk  UKM Sawit mitra BPDPKS  dalam Asean Finance Minister Meeting di Bali dan Jakarta, BLU Expo, Indonesia City Expo di Makassar,  Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) dan Sawit Indonesia Expo (SIEXPO) di Riau
  • Workhop Pengolahan Sawit untuk Pra CPO bekerja sama dengan BRIN di Kaltim dan Bangka Belitung
  • Workshop UKMK Sawit bekerja sama dengan Asosiasi Petani sawit
  • Kegiatan Promosi Gebyar UKMK Berbahan Sawit ”Just Saw It UKMK” dalam Mendukung UKMK Sawit Go International di Yogyakarta

Apresiasi yang diterima terhadap kegiatan kemitraan UKMK BPDPKS antara antara lain :

  • Indonesia CSR Award 2021 untuk Program Koperasi dan UKM sawit dari Warta Ekonomi
  • Program Kemitraan UKMK Santripreneur Berbasis UKMK sawit dalam Milenial Syariah Festival 2021 dari Warta Ekonomi
  • Sawit Award tahun 2022 untuk Kategori Program Penguatan UKMK dan Petani Sawit dari Majalah Sawit Indonesia.
  • Penghargaan Booth Terbaik kategori terfavorit dalam Indonesian Research Expo 2023.

Dalam kegiatan Gebyar UKMK berbasis sawit dalam mendukung UKMK sawit Go International juga melibatkan media untuk turut serta mengkampanyekan dan memyebarkan kebaikan-kebaikan sawit khususnya untuk mempromosikan manfaat sawit bagi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi. (WEB)

Baca Juga: Kepala BPDPKS: Kampanye Positif Sawit Harus Agresif di Uni Eropa

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya