Gibran Tegaskan Pemerataan Pembangunan Indonesia Sudah di Mana-mana

Bukan hanya di Solo nih!

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menegaskan pemerataan pembangunan telah terjadi di banyak wilayah Indonesia. Hal tersebut dikatakan Gibran menanggapi pertanyaan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar terkait proyek besar yang berhasil dibangunnya di Solo.  

"Pemerataan pembangunan itu sudah terjadi di mana-mana, bukan hanya di Solo. Dan itu fakta lho, Gus," kata Gibran dalam 'Debat Cawapres Pemilu 2024' di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

1. 53 persen investasi di luar Jawa

Gibran Tegaskan Pemerataan Pembangunan Indonesia Sudah di Mana-manaCawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memberikan pertanyaan kepada Cawapres nomor urut 1, Cak Imin. (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Gibran menegaskan bahwa saat ini, Indonesia telah melakukan pemerataan pembangunan di mana sumbernya tidak hanya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semata. Ia mengatakan banyak proyek yang dibangun berdasarkan kerja sama antar sejumlah pihak.

"Pemerataan pembangunan yang dibangun bukan hanya Solo saja. 53 persen investasi kita sudah ada di luar Jawa," jelasnya.

Baca Juga: Drone Emprit: Gibran Curi Perhatian, Sentimen Negatif Imin Membesar

2. Pembangunan dan impact sosial ke masyarakat

Gibran Tegaskan Pemerataan Pembangunan Indonesia Sudah di Mana-manaPasangan Calon Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Cawapres nomor urut 2 ini pun memberi contoh pembangunan Sheikh Zayed Grand Mosque yang merupakan bentuk kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA). Kendati demikian, Gibran menekankan terlalu banyak aspek yang perlu dilihat ketimbang bentuk dari sebuah bangunan. Salah satunya, lanjut Gibran, adalah dampak yang ditimbulkan untuk masyarakat.

"Tapi yang jelas, apa yang sudah di bangun, yang kita lihat bukan bangunan fisiknya saja, tapi kita lihat impactnya ke warga. Membangun masjid menggunakan CSR dari Abu Dhabi, impact nya apa? UMKM kita sekarang melesat, wisata kita melesat," ujarnya.

3. Saling berkolaborasi

Gibran Tegaskan Pemerataan Pembangunan Indonesia Sudah di Mana-manaKetiga Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2024. (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Selain itu, ia juga mengatakan apa yang yang dilakukannya untuk Kota Solo belum sebanyak pembangunan yang dilakukan walikota sebelum Gibran. Ia menekankan bahwa saat ini kolaborasi pembangunan sangat mungkin dan penting untuk dilakukan.

"Kita juga harus berkolaborasi, tidak semua (pembangunan) pakai APBN. Ada yang pakai APBN plus APBD plus dibantu. Saya sering dibantu Pak Ganjar, gubernur saya. Ini kolaborasi," tegas Gibran. (WEB)

*Artikel ini merupakan kerja sama TKN Prabowo Gibran dan IDN Times

Baca Juga: Gibran ke Cak Imin Soal SGIE: Maaf Kalau Pertanyaannya Sulit 

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya