Jangan Kuatir, Kemenhub Pastikan Tarif KRL Tak Naik Dalam Waktu Dekat 

Commuters bisa bernafas lega nih!

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memastikan bahwa tidak akan ada penyesuaian tarif KRL Jabodetabek hingga akhir tahun. Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menghimbau masyarakat agar tidak perlu kuatir mengenai penyesuaian tarif KRL.

Saat ini, Pemerintah melalui DJKA Kementerian Perhubungan masih terus mengkaji ulang besaran tarif yang sesuai. Tujuannya agar tidak memberatkan masyarakat dan tidak terlalu membebankan anggaran PSO.

1. Penetapan tarif perhatikan kemampuan masyarakat

Jangan Kuatir, Kemenhub Pastikan Tarif KRL Tak Naik Dalam Waktu Dekat NGOBRAS: Ngobrol Bareng Komunitas Kereta Api (Dok. DJKA)

Risal menjelaskan kajian tentang penetapan tarif tersebut memang memperhatikan tingkat kemampuan dan kemauan masyarakat untuk membayar tarif KRL. Penetapan tarif juga menimbang beban operasional KRL dan kebutuhan subsidi Public Service Obligation (PSO) yang akan dianggarkan.

“Peningkatan tarif operasional KRL Jabodetabek selalu dan pasti terjadi setiap tahunnya, sehingga membuat beban PSO terus meningkat untuk menstabilkan tarif KRL. Semoga tahun depan akan ada kabar baik mengenai tarif KRL ini,” urai Risal pada NGOBRAS: Ngobrol Bareng Komunitas Kereta Api yang dilaksanakan pada Senin, 12 Desember 2022, di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Tutup Tahun 2022, DJKA Operasikan Jalur KA Hingga Bangun Stasiun Baru

2. Inflasi jadi penyebab kenaikan biaya operasional

Jangan Kuatir, Kemenhub Pastikan Tarif KRL Tak Naik Dalam Waktu Dekat Ilustrasi Gerbong KRL (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Lebih jauh, peningkatan tarif operasional KRL Jabodetabek selalu terjadi akibat inflasi. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan komponen-komponen biaya yang dibutuhkan untuk operasional KRL.

Meningkatnya biaya operasional membuat subsidi PSO terus bertambah dan menjadi kontraproduktif terhadap upaya pembangunan yang masih terus berlangsung. Menurut Risal, besaran anggaran yang dialokasikan ini akan lebih produktif jika disalurkan untuk pembangunan prasarana dan peningkatan pelayanan perkeretaapian di seluruh Indonesia.

3. DJKN masih kaji rencana penyesuaian tarif

Jangan Kuatir, Kemenhub Pastikan Tarif KRL Tak Naik Dalam Waktu Dekat Ilustrasi KRL, Commuter Line, Kereta (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Rizal, tarif KRL hari ini adalah hasil dari perhitungan pada tahun 2015. Jumlah tarif lama ini tentunya sudah tidak relevan dengan perkembangan saat ini.

Meskipun demikian, DJKN memahami bahwa ekonomi masyarakat sangat terdampak dengan adanya pandemi, sehingga kajian lebih lanjut masih dilakukan untuk menimbang penyesuaian tarif KRL. (WEB)

Baca Juga: Jumlah Penumpang KRL Jadi Kriteria Penataan Kawasan Stasiun di DKI 

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya