Bebas Narkoba, Mas Dhito Lakukan Tes Urine Pada ASN Kediri 

Tes ini bakal dilakukan setiap tahun

Kediri, IDN Times - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan tes urine kepada ratusan ASN di Kabupaten Kediri. Langkah ini dilakukan untuk memastikan seluruh ASN di lingkup pemerintahan terbebas dari keterlibatan maupun penyalahgunaan narkoba.

Tes urine yang dilakukan di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) pada Selasa 25 Oktober 2022 tersebut bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kediri.

1. Cegah narkoba sedini mungkin

Bebas Narkoba, Mas Dhito Lakukan Tes Urine Pada ASN Kediri Bupati Kediri Mas Dhito. (Dok. Kediri)

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito ini mengungkapkan bahwa tes urine merupakan upaya pencegahan dini penyalahgunaan narkoba bagi ASN. Dengan ini, Pemkab Kediri mampu mencegah baik pengguna maupun pengedar narkoba dalam tubuh pemerintahan.

Setelah hasilnya keluar, Mas Dhito menegaskan akan mengambil tindakan tegas jika ada ASN yang terbukti memakai narkoba. “Jika terbukti, tentunya akan kita tindak dan tidak ada toleransi bagi ASN yang menggunakan ataupun mengedarkan narkoba,” ujarnya.

Baca Juga: Realisasi PBB-P2 Capai 94,87%, Mas Dhito Apresiasi 4 Kecamatan

2. Bakal diselenggarakan tiap tahun

Bebas Narkoba, Mas Dhito Lakukan Tes Urine Pada ASN Kediri ilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Kediri, Mohamad Solikin menjelaskan tes urine ini akan dilakukan setiap tahun. Tujuannya untuk memastikan ASN siap bekerja tanpa pengaruh narkoba.

“Ini standard bagi kita ASN, memastikan bahwa kita siap bekerja. berarti harus sehat jasmani dan rohani, tentu kita tidak berharap ada diantara ASN kita ada yang pengguna atau pengedar,” tuturnya.

3. Sebanyak 600 ASN ikuti tes urine

Bebas Narkoba, Mas Dhito Lakukan Tes Urine Pada ASN Kediri Pemeriksaan tes urine ASN Kediri (Dok. Pemkab Kediri)

Secara keseluruhan, terdapat sejumlah 600 ASN Pemkab Kediri yang telah melakukan tes urine. Solikin menyebut hasil dari tes urine tersebut akan segera diketahui dalam minggu ini.

“Hasilnya menunggu dari BNN, maksimal minggu ini hasilnya akan keluar,” tutupnya. (WEB)

Baca Juga: Mas Dhito Minta Dinsos Kolaborasikan Data Bersama BPS

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya