Menpora Dorong Kepala Daerah Lakukan Inovasi Seperti Mas Dhito

Bupati Kediri pastikan proyek berjalan sesuai rencana

Kediri, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora), Dito Ariotedjo menilai inovasi pembangunan stadion yang dilakukan oleh Bupati Hanindhito Himawan Pramana juga harus dilakukan kepala daerah muda lainnya. Hal ini disampaikannya setelah mengunjungi bandara dan stadion baru Kabupaten Kediri yang sedang dalam proses pembangunan pada Jumat (22/9/2023). 

“Inovasi seperti (pembangunan bandara dan stadion) ini yang harus kita lihat dan kita dorong kepala-kepala daerah muda lainnya,” kata Menpora Dito saat ditemui di Pendopo Panjalu Jayati. 

1. Pembangunan bandara dan stadion berdampak luas

Menpora Dorong Kepala Daerah Lakukan Inovasi Seperti Mas DhitoMenteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo dan Bupati Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) meninjau pembangunan stadion (Dok. Pemkab Kediri)

Menpora Dito menilai stadion yang dibangun di Desa Bulasari tersebut sudah berstandar FIFA dan sangat dimungkinkan untuk digelarnya event olahraga berskala nasional. Dengan demikian, lanjutnya, pengembangan olahraga tak hanya dirasakan di Kabupaten Kediri saja. Melainkan juga berdampak masif hingga wilayah Provinsi Jawa Timur. 

Terlebih menurutnya dilihat dari segi konektivitas dan fasilitas yang ada sudah berstandar internasional. “Saya rasa dengan adanya bandara dan stadion di Kediri ini, tidak hanya Kabupaten Kediri yang akan terangkat tapi Jawa Timur secara keseluruhan,” jelas Menpora Dito. 

Baca Juga: Hadiri Manasik Haji Massal Jamaah Kediri, Bupati Kediri Beri Pesan Ini

2. Tinjau pembangunan agar sesuai rencana

Menpora Dorong Kepala Daerah Lakukan Inovasi Seperti Mas DhitoMenteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo dan Bupati Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) meninjau pembangunan Bandara (Dok. Pemkab Kediri)

Sementara, Mas Dhito (sapaan akrab Bupati Hanindhito) mengatakan kedatangan mereka ke bandara dan stadion yang berada di Kecamatan Tarokan tersebut untuk memastikan proses pembangunan berjalan sesuai rencana. Ia meminta agar dalam pelaksanaannya, proyek tersebut tidak mengalami keterlambatan dari target yang telah ditentukan.  

“Saya pastikan dalam proyek, timeline itu tidak boleh terjadi deviasi atau minus kondisinya,” tegas Bupati Dhito. 

3. Bandara dan stadion jadi pembangunan terintegrasi

Menpora Dorong Kepala Daerah Lakukan Inovasi Seperti Mas DhitoBupati Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) memberikan arahan dan meninjau pembangunan Bandara (Dok. Pemkab Kediri)

Dikatakan Mas Dhito, sampai kunjungan tersebut dilakukan, proses pembangunan bandara dinilai cukup signifikan. Pasalnya, sebelum kunjungannya bersama Menpora, ia juga melakukan cek lokasi pada Senin(18/9). 

Mas Dhito mengatakan bandara dan Stadion Gelora Daha Jayati ini menjadi pembangunan yang terintegrasi. Oleh karenanya, diharapkan dengan adanya pembangunan bandara dan stadion bisa digelar event-event olah raga berskala nasional seperti pekan olah raga ringkat provinsi dan nasional seperti Porprov dan PON. 

“Tidak menutup kemungkinan apakah kita akan mengajukan sebagai tuan rumah di 2027 atau 2029 untuk Porprov, dan tidak menutup kemungkinan juga untuk PON,” tutupnya. (WEB)

Baca Juga: Bupati Kediri Tegaskan Tak Ada Komisi Megaproyek Stadion Kediri 

Topik:

  • Evan Yulian Philaret
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya