Kementan Dukung Modernisasi Pertanian dengan Alsintan di Kotim  

Kotim dapat mulai terapkan pertanian modern

Sampit, IDN Times - Kementerian Pertanian memberikan bantuan sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk sejumlah kelompok tani di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

1. Harapan Mentan

Kementan Dukung Modernisasi Pertanian dengan Alsintan di Kotim  Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ke Provinsi Papua (Dok. Kementan)

Dengan bantuan ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap Kotim mulai menerapkan pertanian modern.

"Kita ingin agar pertanian menjadi maju, mandiri, dan modern. Oleh sebab itu, kita dukung petani dengan alsintan," katanya.

Baca Juga: Cegah Gagal Panen, Kementan Dukung Pemanfaatan Asuransi di Gianyar

2. Petani harus memahami alsintan

Kementan Dukung Modernisasi Pertanian dengan Alsintan di Kotim  Mentan Syahrul Yasin Limpo mencoba menggunakan alsintan. (Dok. Kementan)

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil, mengatakan petani harus memahami alsintan yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas pertanian.

"Jenis alsintan sangat banyak. Petani harus paham agar aktivitas lebih maksimal," katanya.

3. Ini bantuan alsintan yang diberikan Kementan

Kementan Dukung Modernisasi Pertanian dengan Alsintan di Kotim  Program bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang direalisasikan Kementerian Pertanian (Kementan), Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP). (Dok. Kementan)

Ali mencontohkan traktor yang dapat dimanfaatkan untuk olah lahan.

"Ada juga mesin untuk menanam padi yaitu rice transplanter, atau mesin untuk memanen combine harvester. Jika dimaksimalkan, aktivitas-aktivitas tersebut hanya butuh beberapa jam. Jadi sangat efektif," katanya.

Sementara bantuan Alsintan yang diberikan Kementerian Pertanian untuk Kelompok Tani di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yaitu hand tractor, combine harvester atau mesin panen, pompa air, kendaraan roda 3 dan pengolah pupuk organik. (WEB)

Baca Juga: Kementan Ajak Petani Pangandaran Jaga Lahan dengan Asuransi

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya