Kementan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier di Blitar

Banyak kebocoran di saluran tersier

Blitar, IDN Times - Pembenahan infrastruktur pertanian berupa Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) untuk mengairi lahan sawah seluas 50 hektar (Ha) di Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Pekerjaan yang dilakukan bersama secara padat karya oleh Kelompok Tani (Poktan) Rukun Santoso I untuk mengatasi banyak kebocoran pada saluran tersier, mengakibatkan air tidak bisa mengalir sampai hilir.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, perbaikan jaringan irigasi ini diharapkan dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dengan rata-rata produksi 5 ton/ha.

"Kebutuhan air dalam usaha tani sangatlah penting, aliran-aliran air dari sumber air yang tidak bisa sampai ke lahan sawah dan tidak dapat dimanfaatkan oleh petani dapat dibantu alirannya melalui jaringan irigasi tersier. Oleh karena itu, jaringan irigasi tersier adalah komponen mutlak dalam sistem irigasi," tegas Mentan SYL, Selasa (4/4/2023).

1. Peningkatan pada indeks tanam petani

Kementan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier di Blitarilustrasi petani (pexels.com/Pixabay)

Mentan SYL menambahkan, jaringan irigasi tersier inilah yang masuk ke wilayah persawahan dan langsung berhubungan dengan para petani. Efek yang langsung dirasakan petani adalah, adanya penambahan Indeks Tanam.

“Dengan adanya program rehabilitasi jaringan irigasi, maka ada peningkatan pada indeks tanam petani, yang sebelumnya hanya sekali setahun menjadi dua kali,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi, Kementan Siap Dampingi Petani di Maros Akses KUR 

2. Membangun bertahap sesuai kebutuhan masyarakat petani

Kementan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier di BlitarKementan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier di Blitar.(Dok. Kementan)

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menjelaskan, RJIT sesuai dengan kebutuhan petani. Sebagian besar dananya disalurkan melalui sistem swakelola petani.

"Dengan swakelola oleh petani, jaringan irigasi tersier yang direhabilitasi umumnya akan lebih bagus dan petani merasa lebih memiliki. Kita membangun secara bertahap berdasarkan kebutuhan masyarakat petani," ujar Ali Jamil.

3. Pembangunan jaringan irigasinya akan dilakukan secara gotong royong atau swakelola

Kementan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier di BlitarIlustrasi kolaborasi/Unsplash.com

Ali Jamil mengatakan, rumus program RJIT adalah kondisi jaringan tersier yang rusak, kondisi saluran primer dan sekunder bagus untuk irigasi teknis, terdapat sumber air untuk irigasi desa, di sekitarnya ada sawah yang diairi dan ada petaninya. Menurutnya, dengan diserahkannya RJIT kepada kelompok tani, maka pembangunan jaringan irigasinya akan dilakukan secara gotong royong atau swakelola.

"Bagi masyarakat petani yang membutuhkan bantuan RJIT bisa mengajukan ke Dinas Pertanian kabupaten atau kota masing-masing. Nanti dinas bisa meneruskannya ke Ditjen PSP untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Selama ini Ditjen PSP juga sudah melakukan monitoring optimalisasi pemanfaatan jaringan irigasi tersier. Selain itu, pihaknya juga akan mendata atau melakukan pemetaan jaringan irigasi yang sudah direhabilitasi dan yang belum direhabilitasi. (WEB)

Baca Juga: Keren, Kegiatan RJIT Kementan Mampu Mempercepat Tanam di Melawi 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya