Comscore Tracker

Masjid Istiqlal Jakarta Siap Tampung Peserta Demo 4 November 2016

Mereka hanya diizinkan menginap di lantai dasar

Demo 4 November 2016 menuntut pengusutan dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diperkirakan akan diikuti ribuan massa. Tak hanya dari Jakarta, peserta demo juga diperkirakan akan datang dari luar Ibu Kota. Mereka diprediksi akan mulai datang hari ini, Kamis 3 November 2016.

Dikutip dari Liputan6.com, Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mempersilakan mereka menginap di Masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut. Sebenarnya, kata Abu, pengurus Masjid Istiqlal tak pernah mengizinkan siapapun untuk menginap. Namun, khusus untuk kali ini, mereka memberikan pengecualian.

Tempat untuk para pendemo 4 November hanya di lantai dasar.

Masjid Istiqlal Jakarta Siap Tampung Peserta Demo 4 November 2016indonesiadesign.com

Massa yang menginap tidak diperkenankan beristirahat di lantai dua. Sebab, di lantai ini biasanya digunakan untuk beribadah. Selain di lantai dasar, pengurus Masjid juga mempersilakan pendemo untuk menggunakan tempat parkir.

Baca Juga: 4 Presiden Indonesia Punya Reaksi Berbeda Soal Dugaan Penistaan Agama Ahok

Para pendemo diminta untuk tetap tertib.

Masjid Istiqlal Jakarta Siap Tampung Peserta Demo 4 November 2016Rivan Awal/ANTARA FOTO

Walaupun memberikan izin, namun pengurus tetap meminta para peserta demo 4 November unjuk rasa untuk tertib. Selain menjaga kebersihan, para pendemo juga diminta untuk tak mengganggu ibadah.

Istiqlal akan menjadi titik kumpul para pendemo.

Masjid Istiqlal Jakarta Siap Tampung Peserta Demo 4 November 2016Rivan Awal/ANTARA FOTO

Sebelum melakukan aksinya, para pendemo diperkirakan akan berkumpul terlebih dahulu di Masjid Istiqlal. Usai shalat Jumat, mereka akan turun ke jalan untuk meminta pengusutan terhadap dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

Namun, hingga saat ini belum ada tanda-tanda pendemo yang menginap.

Masjid Istiqlal Jakarta Siap Tampung Peserta Demo 4 November 2016Tino Oktaviano/ANTARA FOTO

Walaupun sudah ada izin dari pengurus, namun hingga Rabu malam, belum ada tanda-tanda adanya peserta aksi 4 November yang menginap di Istiqlal. Berdasarkan pantauan Republika, yang tampak hanya jamaah tour wali songo dan beberapa petugas keamanan masjid.

Baca Juga: Peneliti Khawatirkan Teroris Bakal Memanfaatkan Aksi Demo 4 November

Topic:

Berita Terkini Lainnya